• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 4 Desember 2022

Tapal Kuda

Jelang Diklatsar, Banser di Situbondo Adakan Ziarah Muassis

Jelang Diklatsar, Banser di Situbondo Adakan Ziarah Muassis
Ansor dan Banser Besuki, Situbondo melaksanakan ziarah muassis. (Foto: NOJ/ Muhammad Fathurrahman P)
Ansor dan Banser Besuki, Situbondo melaksanakan ziarah muassis. (Foto: NOJ/ Muhammad Fathurrahman P)

Situbondo, NU Online Jatim

Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Besuki  mengadakan ziarah muassis se-Kecamatan Besuki, Rabu (01/12/2021). Hal itu dilakukan guna meminta restu dan barokah agar pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) I yang segera digelar berjalan lancar.

 

Diklatsar Banser perdana tersebut bakal digelar pada 03-05 Desember 2021 mendatang, yang dipusatkan di Pondok Pesantren Ibnu Kholdun Al-Hasyimi, Desa Widoropayung, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo.

 

Komandan Latihan Diklatsar I Satkoryon Banser Besuki, Zainuddin menjelaskan, bahwa kegiatan itu dilakukan bertujuan untuk meminta idzin kepada para mussis terdahulu agar acara Diklatsar I berjalan lancar.

 

"Ziarah kali ini sama dengan kegiatan ziarah yang rutin dilaksanakan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Besuki ketika hendak mengadakan suatu kegiatan sebelumnya, yakni sama-sama untuk memohon restu dan ridha muassis NU di Kecamatan Besuki," tuturnya.

 

Menurutnya, kegiatan dimaksud penting dilakukan agar kegiatan yang hendak dilaksanakan diridhai muassis. Selain itu, sebagai bentuk merawat tradisi leluhur terkait ziarah tersebut.

 

"Penting sekali kita mengadakan ziarah seperti ini setiap kali hendak berkegiatan, apa lagi ini adalah acaranya bertujuan untuk membesarkan NU, pasti harus seiring dengan restu para muassis kita," pungkasnya.

 

Adapun makam-makam tokoh yang diziarahi pada kegiatan tersebut, meliputi, makam KH Imam Bukhori, KH Abdul Razaq, KH Mudzakkir, KH Ali Makki Muhdlar, KH Ahmad Sibawayhie, Kyai Aminudin, KH Syamsul Jinan, Kiai Ilyas atau Guru Jena, dan Bujuk Paras.

 

Selain itu, juga berziarah ke makam pendiri GP Ansor Besuki KH Mashuri dan pembabat Kecamatan Besuki, yakni Raden Bagus Kasim atau yang dikenal dengan Kiai Pat Alos.


Tapal Kuda Terbaru