• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 26 Juni 2022

Tapal Kuda

Banser Situbondo Jadi Komandan Upacara Hari Kebangkitan Nasional

Banser Situbondo Jadi Komandan Upacara Hari Kebangkitan Nasional
Yosi, kader Banser saat menjadi komandan upacara Harkitnas di halaman belakang kantor Pemkab Situbondo (Foto: Humas Pemkab Situbondo)
Yosi, kader Banser saat menjadi komandan upacara Harkitnas di halaman belakang kantor Pemkab Situbondo (Foto: Humas Pemkab Situbondo)

Situbondo, NU Online Jatim

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati setiap tanggal 20 Mei di seluruh tanah air. Begitu pula pemerintah daerah Kabupaten Situbondo yang turut mengadakan upacara peringatan HKN di halaman belakang kantor pemerintah daerah setempat pada Jumat (20/05/2022).


Yang menjadi pusat perhatian adalah sosok komandan upacara berseragam lengkap Barisan Ansor Serbaguna (Banser). Dia adalah Rahmat Fauzi, salah satu anggota Satuan Komando Cabang (Satkorcab) Banser Situbondo.


Rahmat Fauzi mengatakan, dirinya diperintah oleh ketua GP Ansor Situbondo untuk menjadi komandan upacara di pemkab setempat.


"Saya diperintah oleh ketua PC Ansor untuk menjadi komandan upacara, terbilang mendadak karena baru dihubungi pada Jumat pagi," ujar Fauzi kepada NU Online Jatim.


Ia mengaku bangga dapat dipercaya menjadi komandan upacara Harkitnas dengan menggunakan baju kebesaran Banser di hadapan Bupati Situbondo, Karna Suswandi.


"Sangat bangga bisa menjadi komandan upacara di Pemkab, apalagi inspektur upacaranya adalah bupati, dan kebanggaan tersendiri bisa menggunakan baju Banser dalam bertugas," ujar pria yang juga merupakan lulusan Institut Pemerintah Dalam Negri (IPDN) tersebut.


"Ini adalah apresiasi dan kepercayaan pemerintah Situbondo kepada Banser, sehingga Banser bisa tampil di event kabupaten," imbuhnya.


Yosi sapaan akrabnya juga menyampaikan bahwa hal tersebut merupakan perintah atasan, sehingga dirinya selaku bawahan harus siap menjalankan tugas.


"Ini adalah perintah dari Ketua Ansor, Mas Yogie. Dan perintah atasan tidak boleh untuk ditolak, sebagai bawahan saya harus siap dengan segala perintah," tandasnya.


Sementara itu Yogie Kripsian Sah, Ketua PC GP Ansor Situbondo mengaku bangga atas apa yang telah dilakukan oleh anggotanya tersebut.


"Sangat bangga, salah satu anggota kami bisa menjadi komandan upacara di Pemkab. Ini merupakan prestasi bagi Yosi. Terima kasih kepada bupati yang telah mempercayakan kepada Ansor," ujarnya.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru