• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 6 Juli 2022

Tapal Kuda

NU Peduli Semeru

Solidaritas untuk Korban Semeru, PCNU di Tapal Kuda dan Madura Galang Donasi

Solidaritas untuk Korban Semeru, PCNU di Tapal Kuda dan Madura Galang Donasi
Tim PCNU Kabupaten Pasuruan menyiapkan bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru. (Foto: NOJ/ Mokhammad Faisol).
Tim PCNU Kabupaten Pasuruan menyiapkan bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru. (Foto: NOJ/ Mokhammad Faisol).

Probolinggo, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) di Jawa Timur terus menunjukkan solidaritasnya untuk membantu korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang. Kali ini, PCNU Kota Kraksaan mengirim relawan dan bantuan logistik. Bantuan tersebut diberangkatkan dari kantor PCNU Kota Kraksaan, Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan, Probolinggo, Selasa (07/12/2021).

 

Selain itu, PCNU Kabupaten Pasuruan, Situbondo dan Sumenep terus menghimpun donasi untuk membantu korban bencana yang menelan puluhan korban jiwa tersebut.

 

Ketua PCNU Kota Kraksaan, KH Syihabuddin Sholeh mengatakan, pengiriman bantuan dari pihaknya adalah untuk mengurangi beban dan memenuhi kebutuhan korban yang saat ini sedang berada di tempat pengungsian. Serta sebagai bentuk kepedulian terhadap para korban.

 

"Ada lima kendaraan yang membawa logistik berisi sembako, pakaian, perlengkapan ibadah dan mereka menuju kantor PCNU Kabupaten Lumajang di Jalan Alun-alun Lumajang," ucapnya.

 

Di mana ada puluhan badan otonom (Banom) yang juga diturunkan sebagai relawan untuk korban erupsi Semeru.

 

"Total ada sekitar 28 orang yang dikerahkan. Antara lain dari Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), Lembaga Penanggulangan Bencana dan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU), Ansor, Banser, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Lembaga Ta’lif wa Nasyr (LTN) dan Jamiyatul Qurra wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQHNU)," jelasnya.

 

Para relawan tersebut nantinya akan bahu-membahu dengan relawan lainnya dengan mengikuti arahan dari PCNU Lumajang.

 

"Nantinya relawan itu, kami pulangkan dan diganti dengan yang lain. Agar kesehatan dari relawan ini terjaga dan tetap maksimal dalam memberikan bantuan," terangnya.

 

Rencana pengiriman logistik dan relawan tersebut akan dilanjutkan sambil menunggu bantuan yang dikumpulkan oleh Majelis Wakil Cabang Nahdatul Ulama (MWCNU).

 

PCNU Pasuruan Galang Dana

Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan, KH Imron Mutamkin mengatakan, penyaluran tersebut sudah dikoordinasikan dengan tim LPBINU Kabupaten Lumajang terkait apa saja yang dibutuhkan korban.

 

"Alhamdulillah donasi yang diorganisir oleh LAZIZNU Kabupaten Pasuruan berhasil mengumpulkan dana senilai Rp. 55.010.000 serta beberapa paket sembako dan pakaian layak pakai yang disumbangkan untuk korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang," ujarnya.

 

Selain itu, Gus Ipong sapaan akrabnya menegaskan agar penyaluran bantuan tidak sampai menimbulkan permasalahan baru.

 

" Bantuan yang kita berikan tersebut harus tepat. Oleh karena itu, kita koordinasikan dengan pihak sana (LPBINU Lumajang). Sehingga, tidak muncul permasalahan baru," imbuhnya.

 

Sementara Wakil Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan Muhammad Nawawi berharap bantuan yang disalurkan bisa membantu meringankan beban yang terjadi.

 

"Semoga membantu warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Kami akan terus berupaya memberikan bantuan secara bertahap dalam rangka percepatan pemulihan bencana di kawasan tersebut," ujarnya.

 

PCNU Himpun Bantuan

Ketua PCNU Situbondo, KH Muhyiddin Khatib menerima bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru dari Baitul Mal wat Tamwil Nuansa Ummah (BMTNU) setempat, Selasa (07/12/2021). Bantuan tersebut nantinya akan disalurkan oleh tim LAZISNU Kabupaten Situbondo.

 

Kiai Muhyiddin mengapresiasi BMTNU yang sudah mempercayai penyaluran bantuan melalui PC LAZISNU Situbondo. “BMTNU meski punya grafik sendiri tanpa dibantu oleh siapa pun, namun karena merasa punya empati kepada Nahdlatul Ulama sehingga BMTNU mau bekerja sama dengan LAZISNU” ujarnya.

 

“Khususnya, dalam memberikan santunan untuk meringankan beban korban bencana Gunung Semeru di Lumajang ini” imbuhnya.

 

Ketua LAZISNU Situbondo, Rusdi menjelaskan, penggalangan dana dilakukan sebagai wujud kepedulian PCNU Kabupaten Situbondo kepada korban erupsi Gunung Semeru Kabupaten Lumajang.

 

Hingga kini, dana yang sudah dikumpulkan sebesar Rp 33 juta. Dana tersebut nantinya akan dibelanjakan makanan pokok, pakaian, obat – obatan, selimut dan keperluan lainnya yang dibutuhkan korban.

 

Adapun pendistribusian bantuan akan dilaksanakan pada Jumat (10/12/21). “Untuk titik pendistribusian nantinya kami akan berkoordinasi dengan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur,” tandasnya.

 

PCNU Sumenep Peduli Korban Semeru

PCNU Sumenep yang juga melakukan penggalangan dana nantinya akan diserahkan kepada pihak yang bertanggung jawab di Kabupaten Lumajang melalui NU-Care LAZISNU setempat.

 

"Tradisi yang diajarkan di kita memang begitu. Yakni konsolidasi ke-ummatan. Jika ada saudara kita yang kena musibah, maka kewajiban kita untuk memperhatikan," kata Kiai Pandji Taufik, Ketua PCNU Sumenep.

 

Ia menambahkan, dalam penggalangan ini pihaknya melibatkan dan menggandeng semua elemen di struktur NU. Baik lembaga maupun banom guna meningkatkan rasa solidaritas di jajaran kepengurusan NU Sumenep. Kedepan, ia berharap dapat terus bersama dalam segala hal.

 

"Semua terlibat. Mulai dari Muslimat, Fatayat, Gerakan Pemuda (GP) Ansor, IPNU-IPPNU, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), dan yang lain. Bahkan sebagian juga dari unsur MWCNU," tandasnya.

 

Sementara itu, Kiai Quraisyi, Ketua NU Care-LAZISNU Sumenep mengatakan, pihaknya telah membagi tim untuk terjun ke delapan titik di wilayah sekitaran kota.

 

"Saat ini sudah kita terjunkan tim ke delapan titik yang tersebar di wilayah strategis kota. Seperti di lampu merah, di pasar, dan lainnya," terangnya.

  

Dirinya berharap, aksi penggalangan dana itu dapat menjadi momentum menjalin kebersamaan dan kebangkitan mewujudkan gerakan kolektif di tubuh NU. Selain itu, untuk meringankan beban korban terdampak erupsi Gunung Semeru.

 

"Karena penderitaan warga Lumajang adalah bagian dari kita, maka saatnya untuk berbagi. Membantu meringankan beban mereka," pungkasnya.

 

Rencananya, aksi penggalangan dana PCNU Sumenep akan berlangsung hingga Ahad (12/12/2021) sebelum disalurkan kepada pihak yang bertanggungjawab.

 

Penulis: Ade Nurwahyudi (Kraksaan), Mohkammad Faisol (Pasuruan), M Fathurrahman (Situbondo), Moh Khairussadiqin (Sumenep)

Edito: Romza

​​​​


Editor:

Tapal Kuda Terbaru