• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 17 Agustus 2022

Tapal Kuda

Kompak, IPNU-IPPNU Situbondo Gelar Latin dan Latpel

Kompak, IPNU-IPPNU Situbondo Gelar Latin dan Latpel
Pelaksanaan Latin dan Latpel oleh PC IPNU-IPPNU Situbondo. (Foto: NOJ/ Muhammad Fathurrahman P)
Pelaksanaan Latin dan Latpel oleh PC IPNU-IPPNU Situbondo. (Foto: NOJ/ Muhammad Fathurrahman P)

Situbondo, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Situbondo menggelar Latihan Instruktur (Latin) dan Latihan Pelatih (Latpel). Agenda tersebut dipusatkan di Pondok Pesantren Nurul Wafa, Situbondo, Kamis-Ahad (09-12/12/2021).

 

Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Situbondo, KH Zainul Mu'in Husni mengatakan, bahwa pelatihan instruktur dan pelatih ini menurutnya penting digalakkan oleh badan otonom (banom) NU atau bahkan NU sendiri.

 

“Hal tersebut karena untuk mencetak kader yang militan perlu adanya instruktur dan pelatih yang kompeten. Itu hal yang semestinya dilakukan utamanya menyambut usia satu abad NU,”  ujarnya.

 

Kiai Zainul pun mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh IPNU-IPPNU Situbondo yang sangat gencar melakukan kaderisasi. Diharapkan hal tersebut dapat memantik minat pelajar untuk bergabung dengan IPNU-IPPNU.

 

"Kami sangat mengapresiasi pengkaderan yang dilakukan oleh IPNU-IPPNU. Semoga semakin banyak pelajar yang tertarik bergabung di organisasi pelajar NU tersebut,” terangnya. 

 

Sementara Koordinator Kaderisasi Pimpinan Wilayah (PW) IPNU Jawa Timur, Muhammad Wahdan Ubaydillah menyampaikan, bahwa kegiatan ini adalah Latin dan Latpel perdana yang dikawal oleh PW IPNU Jatim masa khidmat 2021-2023.

 

"Dimana Latin dan Latpel ini nantinya diupayakan untuk mencetak para penggerak IPNU-IPPNU di Jawa Timur," katanya.

 

Maka dari itu, IPNU-IPPNU Situbondo memberikan contoh nyata bahwa kaderisasi merupakan hal penting dalam sebuah organisasi. Bahkan, dipastikan proses kaderisasi lebih penting hal-hal lainnya.

 

Pihaknya pun mengaku bangga dengan terobosan yang dilakukan oleh IPNU-IPPNU Situbondo. Mengingat, meski pelantikan baru saja dilakukan langsung menggelar kegiatan pengkaderan.

 

“Saya patut bangga dengan IPNU-IPPNU Situbondo. Karena meski baru saja dilantik ia langsung menggelar kaderisasi. Bahkan, ini dilakukan sebelum rapat kerja dilaksanakan,” ucapnya. 

 

Di samping itu, Ketua PC IPNU Situbondo, Ahmad Muhsin menuturkan, bahwa pelatihan ini digelar sebagai upaya menuntaskan jenjang kaderisasi IPNU-IPPNU di Situbondo. 

 

 

"Karena kaderisasi ini sudah menjadi titik fokus bagi pengurus IPNU-IPPNU Situbondo agar bisa menuntaskan proses kaderisasinya di organisasi IPNU-IPPNU,’” sebutnya.

 

Diketahui, Latin dan Latpel ini diikuti oleh kader IPNU-IPPNU yang tersebar di 15 kabupaten/kota di Jawa Timur dan Bali.

 

Editor: A Habiburrahman


Tapal Kuda Terbaru