• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Pantura

Dilantik, Pagar Nusa Lamongan Diingatkan Jaga Akhlakul Karimah

Dilantik, Pagar Nusa Lamongan Diingatkan Jaga Akhlakul Karimah
Prosesi Pelantikan PC Pagar Nusa Kabupaten Lamongan. (Foto: NOJ/Titik Nur Ma’rufah)
Prosesi Pelantikan PC Pagar Nusa Kabupaten Lamongan. (Foto: NOJ/Titik Nur Ma’rufah)

Lamongan, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Perguruan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Kabupaten Lamongan Lamongan masa khidmat 2022-2027 resmi dilantik. Kegiatan bertajuk ‘Membangun Solidaritas dan Loyalitas Menuju Pagar Nusa Lamongan Berdikari dan Berprestasi’dilaksanakan di Aula lantai 3 PCNU Lamongan, Ahad (29/05/2022).


Muchamad Nabil Haroen, Ketua Pimpinan Pusat (PP) Pagar Nusa mengatakan, terselenggaranya pelantikan di gedung tersebut bagi pagar nusa ini merupakan suatu kehormatan yang luar biasa besar. Ia mengucapkan terima kasih banyak atas kepedulian dan kesempatan yang diberikan oleh PCNU, Polres, dan Kadispora Lamongan.


"Dari perkumpulan ini saya harap tetap menjaga amanah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), mengawal perjuangan NU, kyai dan pesantren dalam menjaga ideologi, amalan dan tradisi aswaja. Sesuai janji sebagai pagar NU dan pagar bangsa harus kokoh, kuat dan mandiri," ujarnya.


Di jelaskannya, semua anggota pagar nusa harus sering melaksanakan sowan dan silaturahmi dengan kyai dan masyayikh. Ia memaknai bahwa, sowan kepada kyai bagi anggota dari Pagar Nusa memiliki dua tujuan utama, yakni secara khusus menjaga akhlakul karimah dan energi.


Kandam selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lamongan mengucapkan selamat dan sukses. Ia menyukai tema yang diambil pagar nusa, ini merupakan sebuah komitmen awal membangun sebuah organisasi secara baik, dan ditambah hubungan antar anggota yang solid sehingga dapat mencapai tujuan berdikari dan berprestasi.


"Kabupaten Lamongan hari ini merayakan hari jadi yang ke 453 merupakan tahun awal implementasi RPJMD sehinga perlu menjalin kolaborasi stakeholder untuk akselerasi pembungan infrastruktur layanan dasar dan kebangkitan ekonomi," ungkapnya.


Kholid, Perwakilan PCNU Lamongan menambahkan, jajaran Tanfidziyah PCNU Lamongan berpesan yakni pertama pengurus dan semua anggota harus menjunjung tinggi akhlakul karimah. Kedua, Mengapresiasi terhadap PC Pagar Nusa Lamongan karena telah berhasil meraih, dan ketiga, prestasi pertama dapat menyumbangkan emas pada event Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PP Pagar Nusa.


"Saya mengapresiasi penuh kepada para pendekar pagar nusa karena satu-satunya organisasi pencak silat yang mempunyai database adalah pagar nusa, dan dari setiap isu tidak ada satupun dari pagar nusa yang berbuat anarkis," tandasnya.


Pantura Terbaru