• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 7 Desember 2022

Tapal Kuda

Pagar Nusa dan Banser di Jember Amankan Malam Idul Fitri

Pagar Nusa dan Banser di Jember Amankan Malam Idul Fitri
Pagar Nusa saat melakukan pengamanan di jalan. (Foto: NOJ/M Haris)
Pagar Nusa saat melakukan pengamanan di jalan. (Foto: NOJ/M Haris)

Jember, NU Online Jatim
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa (PN) dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kalisat, Jember ikut mengamankan jalan jelang  perayaan  Idul Fitri, Senin (01/05/2022) malam.


Kegiatan tersebut dilaksanakan bersama aparat kepolisian, TNI, Polisi Pamong Praja, perangkat desa dan Pramuka. Lokasi penanganan ada di tiga titik keramaian yaitu pertigaan Glagahwero, pertigaan Ajung dan bundaran Alun-alun Kalisat. 


Ismata Arif Gautama selaku Sekretaris PAC Pagar Nusa Kalisat menyampaikan bahwa apa yang dilakukan saat ini merupakan wujud kolaborasi berbagai elemen. Tujuannya untuk saling membantu dalam mengamankan Desa Kalisat khususnya di malam Idul Fitri atau Lebaran. 


"Alhamdulillah kita bisa ikut andil dalam pelaksanaan pengamanan guna membantu keamanan dan kelancaran malam Idul Fitri yang biasanya selalu ramai sepeda motor, pick up ataupun truk lewat baik di jalan maupun di tempat keramaian lain," katanya. 


Selain itu, kegiatan ini juga sebagai wujud antisipasi dan meminimalisir terjadinya hal negatif seperti halnya perkelahian atau tawuran. Hal tersebut sangat mungkin terjadi karena banyaknya warga yang keluar rumah, baiki untuk belanja maupun merayakan malam Lebaran.


"Karena jika malam Lebaran biasanya orang-orang banyak keluar rumah untuk menikmati malam penuh kemenangan ini, sehingga perlu kita jaga agar keamanannya agar tidak melakukan hal-hal negatif," ungkap pria yang akrab disapa Ismata tersebut. 


Dirinya berharap bagaimana kolaborasi dan kerja sama terus bisa dilakukan bukan hanya di malam Lebaran, namun juga di hari-hari besar lainnya yang berpotensi terjadi keramaian. 


"Semoga bisa terus terjalin kolaborasi dan kerja sama bukan hanya di malam Idul Fitri, namun di hari-hari besar lain yang berpotensi terjadi keramaian. Karena jika saling bergotong royong satu sama lain, maka insyaallah desa kita akan aman, tentram dan nyaman," pungkasnya. 


Editor:

Tapal Kuda Terbaru