• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 2 Oktober 2022

Tapal Kuda

Jelang Lebaran, Giliran Ansor di Pasuruan Bagikan Paket Sembako

Jelang Lebaran, Giliran Ansor di Pasuruan Bagikan Paket Sembako
Ansor membagikan paket sembako kepada warga Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan. (Foto: NOJ/Diana PM)
Ansor membagikan paket sembako kepada warga Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan. (Foto: NOJ/Diana PM)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Panggungrejo Kota Pasuruan menggelar aksi bagi-bagi paket sembako pada warga setempat, Sabtu (30/04/2022). Kegiatan yang digagas dan dimulai sejak tahun 2020 itu bertujuan mengisi bulan Ramadhan dengan aksi kebaikan serta upaya membantu masyarakat yang membutuhkan.


Pada tahun ketiga pelaksanaannya, jumlah sembako yang didistribusikan sebanyak 145 paket. Jumlah tersebut didapatkan dari hasil pengumpulan zakat fitrah oleh PAC GP Ansor Panggungrejo yang berlangsung sejak malam ke-21 bulan Ramadhan.


"Selain itu ada juga zakat uang ratusan ribu dari teman-teman. Seluruhnya dikumpulkan dan dibelikan paket sembako. Tahun ini dapat sebanyak 145 paket dan jumlah tersebut naik dari tahun lalu," tutur Muhammad Nawawi, Penasihat PAC GP Ansor Panggungrejo pada NU Online Jatim, Ahad (01/05/2022). 


Nawawi mengatakan, pembagian sembako pada warga dilakukan langsung oleh Pimpinan Ranting (PR) GP Ansor Panggungrejo. Sebab, PR dirasa lebih tahu kondisi masing-masing warganya sehingga paket dapat tepat sasaran.


"Dikembalikan ke Pimpinan Ranting Ansor, selebihnya diberikan ke tukang becak, relawan penyeberang jalan. Targetnya melihat kondisi penerimanya, jadi tiap tahun bisa jadi yang dapat sama, bisa juga berbeda," ungkapnya.


Pria yang juga anggota Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil, Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kota Pasuruan itu menyebut, pihaknya melakukan pengumpulan zakat fitrah selama lima hari. Yakni mulai malam ke-21 hingga 26 bulan Ramadhan. Hasil yang diperoleh terlebih dahulu disimpan di Kantor Kesekretariatan PAC Panggungrejo yang bertempat di Pondok Ta'limil Qur'an Ngemplakrejo.


"Dikumpulkan lalu dipacking, baru didistribusikan. Kemarin yang turun langsung itu ada sekitar sembilan pengurus," imbuh dia.


Selepas kegiatan, dikatakan Nawawi, pengurus mengadakan agenda buka bersama (bukber) yang diisi dengan obrolan mengenai evaluasi kegiatan. Disebutkan, evaluasi tersebut nantinya akan dibahas lebih lanjut setelah Hari Raya Idul Fitri berbarengan dengan evaluasi kegiatan PAC GP Ansor Panggungrejo lainnya.


Dirinya berharap, tahun selanjutnya jumlah paket yang didistribusikan semakin banyak. Sebab, menurutnya, meskipun jumlahnya meningkat dari tahun sebelumnya, masyarakat yang membutuhkan masih terbilang cukup banyak. Ia pun berharap agar sosialisasi pada pihak internal dapat semakin masif dan menyeluruh.


"Buka bersama ngobrol-ngobrol ringan tentang kendala dan evaluasi. Dari sana kami bertekad untuk menggencarkan sosialisasi ke internal tahun depan. Karena meskipun jumlah paket meningkat, saya rasa masih kurang karena yang membutuhkan juga lebih banyak," tutupnya.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru