• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 7 Desember 2022

Tapal Kuda

Aksi Bagi Makan Gratis, Bentuk Kepedulian Ansor Pasuruan pada Warga

Aksi Bagi Makan Gratis, Bentuk Kepedulian Ansor Pasuruan pada Warga
Beberapa warga Pasuruan makan di stan makan gratis milik PC GP Ansor Kota Pasuruan (foto diambil sebelum Ramadhan). (Foto: NOJ/Diana Putri Maulida).
Beberapa warga Pasuruan makan di stan makan gratis milik PC GP Ansor Kota Pasuruan (foto diambil sebelum Ramadhan). (Foto: NOJ/Diana Putri Maulida).

Pasuruan, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Pasuruan membuka stan makan gratis di Jl Panglima Sudirman No. 139, Kecamatan Purworejo, kota setempat. Program makan gratis ini telah dilaksanakan bahkan sebelum memasuki bulan Ramadhan. Bedanya, selama Ramadhan stan hanya dioperasikan saat menjelang waktu berbuka puasa.
 

Wakil Ketua Bidang Perekonomian PC GP Ansor Kota Pasuruan, Dian Rahmadin Akbar menerangkan, program tersebut menyasar kepada masyarakat kurang mampu, tukang becak, relawan, tukang angkot, pemulung, dan warga Kota Pasuruan lainnya. Disebutkan, pihak Ansor menargetkan sekurang-kurangnya 10 ribu bungkus makanan gratis yang dibagikan selama bulan Ramadhan.
 

"Selama Ramadhan ini sahurnya kita bagi-bagi ke jalan. Ada kelihatan tukang becak di becaknya, orang nyari-nyari sahur itu nanti dikasih. Istilahnya menjemput bola lah. Baru saat mau buka puasa, outletnya dibuka, nanti ada yang datang-datang sendiri," ujar Akbar kepada NU Online Jatim, Selasa (12/04/2022).
 

Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) Nahdlatul Ulama itu melanjutkan, dapur untuk memasak makanan dipusatkan di Molak-malik kafe milik Sekretaris PC GP Ansor Kota Pasuruan, Ravi. Tempat tersebut dipilih karena pertimbangan cukup luasnya dapur yang ada di sana.
 

Selain untuk menumbuhkan jiwa sosial, lanjut Akbar, program itu juga bertujuan memantik para pemuda agar tergerak untuk berkhidmah pada masyarakat. Baik melalui waktu, tenaga, hingga materi.
 

"Awalnya kita berpikir amaliah khidmah yang pas di era sekarang itu apa, lalu tercetuslah program ini. Jadi melatih para pemuda untuk punya jiwa loyalitas yang tinggi, kita stimulus untuk bisa ikut khidmah," terang dia.
 

Program tersebut juga diharapkan dapat menjadi salah satu motivasi warga, utamanya para pemuda untuk ikut menjadi bagian dari PC GP Ansor Kota Pasuruan. Sebab, pihaknya telah bekerja sama dengan sejumlah kafe di Kota Pasuruan.
 

Sehingga, siapa pun yang tergabung dalam kepengurusan Ansor dari tingkat Pimpinan Anak Cabang (PAC) hingga PC akan mendapat potongan mulai dari 15 sampai 25 persen.
 

"Syiarnya juga memfasilitasi pemuda agar banyak yang gabung di Ansor, khidmah ke NU, memberikan kebermanfaatn terutama sosial kepada sekitar. Kami sudah bekerja sama dengan beberapa kafe dan toko di sinj, jadi nanti kalau anggota ansor beli di tempat itu dapat diskon, jangka waktunya seumur hidup," ungkap Akbar.
 

Ia menyebut, pihaknya berencana untuk membuka stan makan gratis di sejumlah titik yang lain dengan harapan agar dapat menjangkau lebih banyak target. Selain itu, juga sebagai wadah para pengurus ansor untuk dapat mengembangkan usaha yang sedang dijalankan.
 

"Kita memilih bentuknya stan karena sangat minimalis dan mudah dimobilisasikan. Bisa juga buat tempat jual produk usaha milik pengurus, seperti merchandise, dan lain-lain. Semoga banyak yang ikut tergerak sehingga dapat meminimalisir krisis sosial juga ekonomi," tandasnya.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru