• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 27 September 2022

Pantura

Pagar Nusa di Tuban Gelar Apel Pendekar dan Halal Bihalal

Pagar Nusa di Tuban Gelar Apel Pendekar dan Halal Bihalal
Kegiatan Apel bersama Pendekar Pagar Nusa. (Foto: NOJ/ Dhahrul Mustaqim)
Kegiatan Apel bersama Pendekar Pagar Nusa. (Foto: NOJ/ Dhahrul Mustaqim)

Tuban, NU Online Jatim

Tingkatkan soliditas antar pendekar, ratusan anggota Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa (PN) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Singgahan Kabupaten Tuban menggelar apel pendekar dan halal bihalal. Acara yang berlangsung khidmat tersebut dihadiri sebanyak 300 pendekar, Ahad (08/05/2022).


"Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahunya oleh PAC Singgahan dan pusat kegiatan kali ini bertempat di Ranting Mulyorejo (Trembul),” ujar Kang Baba pengurus PAC PSNU Pagar Nusa Singgahan.


Pendekar asal Bojonegoro itu menambahkan, tradisi halal bihalal sebagai wujud nyata kecintaannya terhadap tradisi di tubuh NU. Serta ajang berjabat tangan dan bermaaf-maafan sesama saudara.


Selain itu, sebagai usaha mewujudkan persatuan dan kesatuan antara pendekar Pagar Nusa untuk menjaga keutuhan NKRI.


"Sebagai Badan Otonom (Banom) NU, Pagar Nusa siap dan setia di garda depan demi tegaknya NKRI," tegas Kang Baba.


Terpisah, Muhammad Sholihin Wakil Ketua Pimpinan Cabang (PC) Pagar Nusa Tuban menuturkan, halal bihalal menjadi suatu sarana yang tepat untuk menjalin silaturahim, sekaligus menjadi forum penting untuk mengevaluasi organisasi.


“Dengan adanya halal bihalal, kita anggap sebagai wadah dan sarana silaturahim antar warga Pagar Nusa. Selain itu juga sebagai solusi mencari kelemahan organisasi, untuk menuju Pagar Nusa yang lebih baik," ujarnya.


Ia berpesan kepada seluruh santri Pagar Nusa Singgahan bahwa perkembangan Pagar Nusa di wilayah Kecamatan Singgahan saat ini sudah baik. Semua elemen harus mampu mempertahankan tren positif tersebut.


“Karena yakin tidak yakin, bahwa Pagar Nusa Singgahan menjadi salah satu pelopor berdirinya Pagar Nusa di Kabupaten Tuban," tegasnya.


Menurutnya, Pagar Nusa harus dikembangkan di setiap daerah, bahkan sampai ke ranting-ranting yang ada di desa se-Kecamatan Singgahan.


"Harapan kami, agar acara serupa seperti ini bisa dikembangkan di setiap daerah, baik tingkat PAC maupun ranting untuk menunjukkan soliditas organisasi," harap Sholihin.


Editor:

Pantura Terbaru