• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Pantura

Pagar Nusa di Lamongan Bagikan Ratusan Paket Beras untuk Warga

Pagar Nusa di Lamongan Bagikan Ratusan Paket Beras untuk Warga
Pembagian paket beras untuk warga. (Foto: NOJ/Titik NM)
Pembagian paket beras untuk warga. (Foto: NOJ/Titik NM)

Lamongan, NU Online Jatim

Pada penghujung Ramadhan, Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa (PN) Kecamatan Sekaran dan Maduran, Kabupaten Lamongan menggelar gerakan aksi bakti sosial. Hal ini sebagai wujud syukur karena telah menyelesaikan beragam ibadah selama Ramadhan, Sabtu (30/04/22). 


"Aksi bakti sosial ditujukan kepada desa yang terdapat latihan atau badan otonom Pagar Nusa. tingkat desa. Juga kepada beberapa kalangan masyarakat menengah ke bawah di desa tersebut," kata Amiruddin, Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pagar Nusa Sekaran.


Dikemukakan bahwa, selain hadirnya latihan Pagar Nusa di desa dan di tengah tengah masyarakat, pendekar sudah seharusnya untuk berani berkhidmat dan memberi manfaat bagi kawasan di sekitarnya. 


"Ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan di daerah kami guna menunjukkan eksistensi pendekar bukan hanya jago pencak, namun juga memiliki rasa sosial tinggi sesama manusia," terangnya. 


Pada kesempatan yang sama, Wakhid selaku Ketua Gerakan Aksi Silat Muslim Indonesia atau Gasmi Sekaran dan Maduran mengemukakan bahwa sebaik-baik manusia ialah yang bisa bermanfaat bagi lingkungannya.

 

Selain itu, dirinya menargetkan di sekitar tempat latihan yang tersebar di wilayah Maduran dan Sekaran, maka akan juga dilakukan gerakan bakti sosial. 


"Kita juga menyisir wilayah pelosok dari dua wilayah tersebut dengan gerakan bakti sosial ini dan telah disiapkan 280 paket beras yang dibagikan di tiga puluh satu ranting Pagar Nusa Kecamatan Sekaran dan Maduran yang diberikan kepada warga yang menengah ke bawah," katanya. 


Dijelaskan bahwa gerakan tersebut tidak lain demi mewujudkan cita-cita pendiri Pagar Nusa di Kecamatan Sekaran Maduran yakni almarhum Kang Faisal Afandi.


"Karena beliau memberikan bukti bagaimana mewujudkan eksistensi Pagar Nusa saat latihan, dan ini merupakan penerapan hasil dari belajar saat digembleng yakni selalu berlomba-lomba dalam kebaikan teruntuk bagi warga sekitar," ungkapnya.


Editor:

Pantura Terbaru