• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Pantura

Begini Cara Pagar Nusa di Tuban Peringati Hari Lahir Pancasila

Begini Cara Pagar Nusa di Tuban Peringati Hari Lahir Pancasila
Pagar Nusa adalah salah satu banom NU yang akan terus menjadi pendekar pengayom masyarakat. (Foto: NOJ/ISt).
Pagar Nusa adalah salah satu banom NU yang akan terus menjadi pendekar pengayom masyarakat. (Foto: NOJ/ISt).

Tuban, NU Online Jatim
Pada momen peringatan hari lahir Pancasila, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pagar Nusa Kecamatan Jenu menggelar sejumlah acara. Dari mulai upacara, halal bihalal dan ujian kenaikan tingkat.


“Mengambil tema ‘dengan semangat Pancasila teguhkan komitmen kebangsaan, kegiatan digelar di Mangrove Center yang diikuti ratusan kader pesilat,” kata Nuryono Amin, Ketua PAC Pagar Nusa Jenu, Rabu (01/06/2022). 


Dirinya juga menyebutkan bahwa kegiatan dihadiri Ketua Pimpinan Cabang (PC) Pagar Nusa Tuban, jajaran Forkopimka Jenu, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) beserta badan otonom NU, termasuk sesepuh Pagar Nusa setempat.


“Ujian kenaikan tingkat atau UKT ini adalah kegiatan yang bersamaan dengan acara hari lahir Pancasila. Dengan tujuan agar para pesilat ini bisa menerapkan norma-norma Pancasila di kehidupan masyarakat tanpa membeda-bedakan,” ungkapnya.


Dirinya mengemukakan bahwa pesilat Pagar Nusa selalu berpegang pada norma-norma Pancasila sebagai dasar negara. Yang juga diingatkan agar nilai-nilanya diterapkan dalam kehidupan tanpa membeda.


“Pesan ini seperti yang sudah disampaikan sesepuh atau muassis Pagar Nusa KH Muslim Rifai Imampuro selaku pendiri Pondok Pancasila Sakti Klaten bahwa NKRI harga mati," jelasnya.


Hal yang sama juga diungkapkan Ketua PC Pagar Nusa Tuban, Mujib. Pada upacara hari lahir Pancasila, para kader diharuskan menjadi pengayom dan penjagaan keamanan di mana pun berada. Termasuk menjaga akhlak yang baik serta menjadi pengayom masyarakat.


"Pagar Nusa lahir dari NU dan pondok pesantren NU, oleh karena itu saya harapkan para pendekar selalu mengedepankan akhlakul karimah, serta selalu menjadi garda terdepan membela marwah NU dan membela ulama maupun kiai," pintanya.


Mukhlasin dari MWCNU Jenu menyampaikan, bahwa Pagar Nusa adalah salah satu banom NU yang akan terus menjadi pendekar pengayom masyarakat. Dan yang juga perlu ditekankan adalah menjaga akhlak.


"Pagar Nusa Jenu agar selalu menjadi pendekar yang berakhlakul karimah menjadi pengayom masyarakat, pendekar lingkungan masing-masing," katanya.


Selain halal bihalal dan upacara hari lahirnya Pancasila, pendekar juga menggelar bersih-bersih pantai mangrove yang diterjang banjir rob.


Editor:

Pantura Terbaru