• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 27 September 2022

Metropolis

Sketsa Perjuangan NU Jatim Lahirkan Hari Pancasila

Sketsa Perjuangan NU Jatim Lahirkan Hari Pancasila
Flyer Sejarah Penetapan Hari Lahir Pancasila. (Foto: NOJ)
Flyer Sejarah Penetapan Hari Lahir Pancasila. (Foto: NOJ)

Surabaya, NU Online Jatim
Hari Lahir Pancasila diperingati bangsa Indonesia pada 1 Juni setiap tahunnya. Penetapan Hari Lahir Pancasila mempunyai catatan sejarah cukup panjang sebelum akhirnya resmi diperingati setiap 1 Juni yang tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016.


Sebelumnya, ada peran sejumlah elemen sehingga Hari Lahir Pancasila jatuh pada 1 Juni dan ditetapkan sebagai hari libur Nasional. Di antara peran dan kontribusi itu dilakukan oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim.


Dirangkum dari berbagai sumber oleh Media Center NU Jatim, pada 1 Maret 2016 PWNU Jawa Timur mengadakan seminar “Kembali ke Pancasila” di Surabaya. Seminar tersebut melahirkan pernyataan sikap bersama untuk menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila.


Kemudian, pada 9 Maret 2016 PWNU Jawa Timur mengirimkan surat resmi ke Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jakarta untuk mengusulkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila kepada Presiden Republik Indonesia.


PBNU pun secara resmi berkirim surat usulan pada 14 Maret 2016 kepada Presiden Republik Indonesia untuk menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila


Pada 30 April 2016, saat Apel Besar peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-93 Nahdlatul Ulama di Pasuruan, secara resmi menyampaikan naskah akademik tentang usulan penetapan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila


Dan akhirnya, pada 1 Juni 2016 melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 tahun 2016, 1 Juni secara resmi ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila dan hari libur Nasional.


Metropolis Terbaru