• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 17 Agustus 2022

Metropolis

Hari Kanker Sedunia, RSI Siti Hajar Beri Penyuluhan kepada Masyarakat

Hari Kanker Sedunia, RSI Siti Hajar Beri Penyuluhan kepada Masyarakat
Penyuluhan terkait penyakit kanker. (Foto: NOJ/Kholid)
Penyuluhan terkait penyakit kanker. (Foto: NOJ/Kholid)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Puluhan tenaga kesehatan dan dokter Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar Sidoarjo membagikan aneka buah di antaranya jeruk, pisang, dan apel kepada keluarga pasien yang ada di rumah sakit setempat. Bagi-bagi aneka buah ini dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada 4 Februari. Kegiatan ini diharapkan agar masyarakat tetap waspada terhadap penyakit kanker sejak dini.

 

Dokter spesialis anak RSI Siti Hajar Sidoarjo, dr Muji Retnaning Rini mengatakan, salah satu upaya untuk menekan angka penyakit kanker pada masyarakat, pihak rumah sakit gencar melakukan penyuluhan kepada keluarga pasien yang sedang menunggu di rumah sakit setempat. Seperti yang dilakukan kali ini, dengan melakukan penyuluhan mencuci tangan dengan benar.

 

“Kanker ini merupakan suatu penyakit yang masih bisa dicegah, dengan mengatur pola makan. Seperti buah-buahan yang kita bagikan tadi, mencuci tangan dengan benar, makan makanan sehat, melakukan deteksi dini dan melakukan pemeriksaan secara rutin tentang penyakit kanker,” kata dokter Rini sapaan akrabnya kepada NU Online, Kamis (04/02/2021).

 

Menurutnya, pengobatan kanker cukup mahal dan memakan waktu lama. Oleh sebab itu, pihak rumah sakit memberikan edukasi kepada masyarakat agar masyarakat bisa melakukan pencegahan sejak dini.

 

“Sekarang ini banyak pasien thalasemia dan lain sebagainya, dan kanker dari tiroid lebih banyak juga. Memang kita belum bisa melakukan terapi secara keseluruhan, karena terapi kanker itu sangat khusus. Harapan kita, paling tidak masyarakat bisa melakukan pencegahannya,” ujarnya.

 

Selain membagikan buah kepada keluarga pasien, tenaga kesehatan dan sejumlah dokter juga membagikan buah kepada para pengendara yang melintas di depan rumah sakit. Mereka juga membentangkan berbagai poster ajakan jaga jarak dimasa pendemi dan lawan kanker sejak dini.

 

Editor: Risma Savhira


Metropolis Terbaru