• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 26 November 2022

Metropolis

Ikhbar PBNU 1 Ramadlan Jatuh Hari Selasa Besok

Ikhbar PBNU 1 Ramadlan Jatuh Hari Selasa Besok
Surat Ikhbar Ramadlan. (Foto: NOJ/istimewa)
Surat Ikhbar Ramadlan. (Foto: NOJ/istimewa)

Surabaya, NU Online Jatim

Dalam menentukan 1 Ramadlan 1442 H, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melaksanakan rukyatul hilal di sejumlah titik di Indonesia yang berkoordinasi dengan Pimpinan Wilayah dan Pimpinan Cabang Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU).

 

Dari pantauan yang digelar pada Senin (12/04/2021) tersebut dinyatakan bahwa beberapa lokasi berhasil melihat hilal.

 

"Atas dasar rukyatul hilal tersebut dan sesuai dengan pendapat Al Madzahibul Arba'ah maka dengan ini PBNU mengikhbarkan bahwa awal Ramadlan 1442 H jatuh pada Selasa (13/04/2021)," kata KH Said Aqil Sirodj, Ketua PBNU.

 

Kiai Said mengimbau kepada seluruh masyarakat agar menjadikan Ramadlan sebagai momentum kerohanian untuk mensucikan diri.

 

"Mari kita jadikan Ramadlan sebagai momentum kerohanian untuk mensucikan diri dengan meningkatkan ketaqwaan dan memperbanyak bacaan Al Qur'an, dzikir, beribadah dengan penuh kekhusyukan serta berbagai aktivitas sosial yang bermanfaat," terangnya.

 

Terkait pandemi Covid-19, dirinya meminta agar masyarakat tetap mematuhi protokol pencegahan yang ditetapkan pemerintah di daerah masing-masing.

 

"Selama pandemi Covid-19, seluruh masyarakat agar mematuhi instruksi PBNU dan pemerintah di daerah masing-masing untuk mencegah penyebarannya," pungkasnya.


Metropolis Terbaru