• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Januari 2023

Jujugan

Kolang Kaling, Buruan Para Nahdiyin di Bulan Ramadlan

Kolang Kaling, Buruan Para Nahdiyin di Bulan Ramadlan
Kolang kaling. (Foto: NOJ/li)
Kolang kaling. (Foto: NOJ/li)

Ponorogo, NU Online Jatim

Saat memasuki bulan Ramadlan, tentunya nahdliyin di wilayah Bumi Reog selalu ingin berbuka puasa dengan menu minuman yang manis dan segar. Salah satu favorit warga Ponorogo dalam memenuhi keinginan tersebut adalah kolang kaling yang menjadi incaran bagi warga sebagai bahan minuman berbuka puasa. Selain itu, kolang kaling dipercaya memiliki banyak khasiat sehingga cocok sebagai menu campuran minuman berbuka puasa. 

 

Dewi salah satu penjual kolang kaling mengatakan, memasuki bulan Ramadlan tokonya selalu menyediakan kolang kaling. Hal itu, karena di bulan Ramadlan pelanggannya selalu memburu biji dari tanaman aren itu. 

 

"Di bulan Ramadlan kolang kaling yang mencari, makanya kita selalu menyediakan," katanya kepada NU Online, di tokonya yang berada di sebelah pasar Legi, JL Soekarno-Hatta Ponorogo. 

 

Dewi mengungkap kolang kaling memiliki tekstur kenyal dan lembut, dan juga memiliki rasa manis. Makanya tak heran dibulan puasa menjadi incaran warga. 

 

"Pokoknya permintaan biasanya meningkat di bulan Ramadhan," jelasnya, Senin (12/04/2021).

 

Sementara itu, Pardi salah seorang pembeli kolang kaling membenarkan keterangan penjualnya. Kemudian untuk saat ini, kolang kaling perkilo bisa didapat dengan harga Rp 24.000.

 

"Cukup murah, karena satu kilo bisa digunakan beberapa hari. Tergantung jumlah anggota keluarga dirumah," paparnya. 

 

Selain itu, Pardi menambahkan kolang kaling memiliki banyak kalium, zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan juga gelatin serta kandungan air cukup tinggi.

 

"Itu saya tahu, setelah baca artikel berita kesehatan. Makanya pas kalau digunakan untuk buka puasa," pungkasnya.

 

Editor: Risma Savhira


Jujugan Terbaru