• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 8 Desember 2022

Metropolis

Ikhtiar Lawan Pandemi, Ansor Sidoarjo Gelar Ngaji Qur’an Serentak

Ikhtiar Lawan Pandemi, Ansor Sidoarjo Gelar Ngaji Qur’an Serentak
Ngaji Qur’an Serentak dan Doa untuk Keselamatan Bangsa dari Wabah yang diinisiasi PC GP Ansor Sidoarjo. (Foto: NOJ/LYR).
Ngaji Qur’an Serentak dan Doa untuk Keselamatan Bangsa dari Wabah yang diinisiasi PC GP Ansor Sidoarjo. (Foto: NOJ/LYR).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Segala upaya tak henti terus dilakukan oleh semua elemen masyarakat dan pemerintah untuk melawan pandemi Covid-19, salah satunya ialah membaca doa. Di masa sulit seperti saat ini, memanjatkan doa yang tulus menjadi penguat bagi seluruh bangsa Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19.

 

Hal inilah yang diinisiasi oleh Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Sidoarjo dengan menggelar doa bersama secara virtual, Ahad (18/07/2021). Acara bertajuk ‘Ngaji Qur’an Serentak dan Doa untuk Keselamatan Bangsa dari Wabah’ ini dihadiri oleh jajaran Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo.

 

Ketua PC GP Ansor Sidoarjo, H Rizza Ali Faizin mengatakan, kegiatan ini merupakan ikhitar secara batin melihat kondisi pandemi saat ini semakin memprihatinkan. Kendati demikian, ikhtiar dhahir pun tetap harus dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

 

“Hari ini sahabat-sahabat kader muda NU memberikan ikhtiar satu langkah, sekaligus doa bersama untuk para Kiai, sahabat Ansor-Banser, dan sahabati Fatayat NU yang sudah mendahului kita. Mari kita selaku kader NU untuk mematuhi instruksi pemerintah dan terus melakukan ikhtiar batin,” kata H Rizza kepada NU Online Jatim.

 

Sementara itu, KH Abdul Wahid Harun dalam mauidhoh hasanahnya menuturkan, bahwa ketika seseorang menghatamkan Al-Qur’an, maka 60 ribu malaikat hadir mendoakan serta memohonkan ampunan dan rahmat kepada Allah SWT.

 

“Nabi Muhammad SAW memberikan hiburan kepada kita bahwa membaca Al-Qur’an dan mendengarkannya itu menjadi ibadah yang terbaik dan paling utama untuk umat. Beruntunglah bagi siapa saja yang diberikan ilmu bisa membaca Al-Qur’an secara baik dan tartil,” tutur pengasuh Pesantren Manba’ul Hikam (Mahika) Putat Tanggulangin tersebut.

 

Sebelumnya, acara diawali dengan pembacaan Al-Qur’an juz 30 dan doa Khotmil Qur’an oleh Katib PCNU Sidoarjo, KH M Sholeh Qosim. Dilanjutkan dengan pembacaan Istighotsah dan doa dipimpin oleh Rais Syuriyah PCNU Sidoarjo, KH Ahmad Rofiq Siroj, kemudian mauidhoh hasanah oleh Wakil Rais PCNU Sidoarjo, KH Abdul Wahid Harun.

 

Acara ini diikuti lebih kurang 300 orang peserta. Di antaranya kader Ansor-Barisan Ansor Serbaguna (Banser), Fatayat Nahdlatul Ulama (NU), serta Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) se-Kabupaten Sidoarjo.

 

Dalam pantauan NU Online Jatim, acara berlangsung khidmat. Sejak pagi hari sejumlah kader Ansor di Sidoarjo mengikuti Khotmil Qur’an secara online, mulai juz 1-29 melalui WhatsApp Grup.

 

Editor: A Habiburrahman


Metropolis Terbaru