• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 26 November 2022

Metropolis

IPNU-IPPNU Sidoarjo Gelar Sekolah Ngaji Kitab Kuning

IPNU-IPPNU Sidoarjo Gelar Sekolah Ngaji Kitab Kuning
Suasana sekolah ngaji kitab kuning oleh PC IPNU-IPPNU Sidoarjo. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)
Suasana sekolah ngaji kitab kuning oleh PC IPNU-IPPNU Sidoarjo. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Terobosan dilakukan departemen dakwah Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Sidoarjo. Yang dilakukan adalah  mengadakan sekolah ngaji kitab kuning yang disingkat menjadi Shining. 

 

Kegiatan perdana digelar Rabu (11/08/2021) dan dipusatkan dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Falah, Sidoarjo. Kegiatan juga disiarkan melalui chennel Youtube sehingga dapat diikuti ratusan pelajar.

 

“Acara ini adalah salah satu bentuk upaya mempertahankan tradisi keilmuan pesantren di kalangan pelajar IPNU dan IPPNU khususnya di Sidoarjo,” kata Sayyidah Nafi’atul Izzah.  

 

Koordinator Departemen Dakwah PC IPPNU Sidoarjo tersebut menjelaskan bahwa ngaji kitab sebagai wadah bagaimana pelajar menambah ilmu dan etika dalam berusaha mendekatkan diri pada Allah SWT.. 

 

Disampaikan pula bahwa kegiatan yang dilaksanakan rutin setiap bulan ini untuk menjaga tradisi ngaji kitab kuning di kalangan pelajar NU Sidoarjo.
 

Shining dibina KH Abdul Khobir yang merupakan khadim dari Pesantren Al-Falah, Sidoarjo sekaligus Ketua Pengurus Cabang (PC) Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama  (RMINU) Sidoarjo.

 

Sementara H M. Hafidz al-Bustomi selaku Ketua PC IPNU Sidoarjo berharap rutinitas ini selain mengasah keilmuan kader, juga meningkatkan ideologi Aswaja bagi seluruh kader.

 

“Semoga dengan terselenggaranya acara ini menambah keilmuan yang diterima oleh kader NU khususnya IPNU-IPPNU se-Sidoarjo,” harapnya. 

 

Disampaikan pula bahwa ngaji kitab mampu menjaga dan meningkatkan kualitas ideologi kader NU tentang Ahlusunnah wal Jamaah. 
 

Penulis: Boy Ardiansyah
Editor: Syaifullah


Editor:

Metropolis Terbaru