• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Metropolis

Jelang Ramadhan, Kapolri Minta Para Kapolda Rutin Cek Migor

Jelang Ramadhan, Kapolri Minta Para Kapolda Rutin Cek Migor
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau stok migor di Pasar Wonokromo Surabaya. (Foto: NOJ/Humas Polda Jatim)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau stok migor di Pasar Wonokromo Surabaya. (Foto: NOJ/Humas Polda Jatim)

Surabaya, NU Online Jatim

Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Kepolisian RI, meminta para Kapolda di seluruh Indonesia agar setiap hari mengecek stok minyak goreng (migor) di pasar-pasar menjelang bulan Ramadhan 1443 Hijriyah. Hal itu perlu dilakukan mengingat kebutuhan masyarakat akan migor dan bahan pokok lainnya meningkat dibandingkan bulan-bulan yang lain.


“Nanti kapolda dengan tim satgas dicek dan diikuti setiap harinya. Termasuk tempat yang kosong di mana untuk diinformasikan, sehingga kemudian bisa dihubungi para distributor yang sudah dicatat untuk mengisi wilayah yang kosong," kata Jenderal Sigit saat mengecek stok migor di produsen migor, PT Smart, di Rungkut, Kota Surabaya, Sabtu (26/03/2022).


Dia mengatakan bahwa pengawasan dan pemantauan dilakukan dengan tujuan untuk memberikan kepastian sekaligus jaminan kepada masyarakat soal ketersediaan migor, terutama jenis curah. Pengawasan juga diperlukan agar migor yang dibeli masyarakat harganya sesuai dengan HET.


Kehadirannya mengecek stok dan harga migor juga sebagai bukti kehadiran negara dalam menjamin ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat. Karena itu, Sigit meminta masyarakat agar tenang soal ketersediaan migor selama Ramadhan.


“Mudah-mudahan ketersediaan minyak curah dan harga eceran tertinggi betul-betul ada di pasaran, khususnya di bulan Ramadhan," katanya.


Selain di produsen migor, Sigit bersama pejabat Forkopimda Jatim juga mengecek stok dan harga migor di Pasar Wonokromo Surabaya. Di sana, dia berdialog dengan beberapa pedagang yang dikunjungi. Secara umum, pedagang menyampaikan bahwa harga migor curah di Pasar Wonokromo sudah sesuai HET, yaitu Rp15 ribu per kilo.


“Harga terjangkau,” kata salah satu pedagang Pasar Wonokromo.


Mendengar itu, Sigit merasa senang lantaran para pedagang telah menjual migor curah untuk masyarakat sesuai dengan kebijakan pemerintah.


"Alhamdulillah, titip harga-harganya. Kalau berkurang atau langka, kasih tahu Pak Polisinya, ya, Bu," ujar Sigit.


Metropolis Terbaru