• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Januari 2023

Metropolis

Kesan Pelajar NU Jadi Anggota Paskibra di Balai Kota Surabaya

Kesan Pelajar NU Jadi Anggota Paskibra di Balai Kota Surabaya
Muhammad Yusuf Mecca, pelajar SMA Khadijah Surabaya yang menjadi anggota Paskibra di Balai Kota Surabaya, bersalaman dengan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, usai upacara HUT RI ke-76. (Foto: NOJ/ Adellia Syarifah)
Muhammad Yusuf Mecca, pelajar SMA Khadijah Surabaya yang menjadi anggota Paskibra di Balai Kota Surabaya, bersalaman dengan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, usai upacara HUT RI ke-76. (Foto: NOJ/ Adellia Syarifah)

Surabaya, NU Online Jatim

Upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-76 telah selesai. Namun, bagi Muhammad Yusuf Mecca Al Amin kesan upacara yang berlangsung di Balai Kota Surabaya pada Selasa (17/08/2021) itu masih membekas hingga sekarang. Sebab, di momentum itulah ia menjadi bagian upacara dengan menjadi anggota Paskibra.

 

Mecca, sapaan akrabnya, adalah siswa di SMA Khadijah Surabaya, salah satu sekolah bergengsi di Surabaya bercorak Nahdlatul Ulama. Ia lolos seleksi menjadi Paskibra tingkat Kota Surabaya. Saat upacara pengibaran bendera, Mecca bertugas di sayap kanan.

 

“Pada awalnya saya mendapatkan tawaran dari salah satu guru untuk mengikuti seleksi Paskibra tingkat provinsi dan kota madya. Setelah mendengar kabar itu, saya tidak langsung mengiyakan dan sempat menolak, karena  keterbatasan pengalaman serta pengetahuan saya tentang PBB,” cerita Mecca kepada NU Online Jatim, Kamis (19/08/2021).

 

Ia diberi waktu untuk berpikir dan mendiskusikan tawaran itu dengan orang tuanya. Akhirnya Mecca memutuskan ikut seleksi. Proses seleksi pun ia ikuti, mulai dari pengukuran tinggi badan, tes kesehatan dan fisik, PBB, dan lain-lain.

 

“Alhamdulillah sudah saya jalani. Saya hanya bisa memberikan yang terbaik walaupun pengetahuan tentang PBB saya sangat minim saat itu. Dan tidak disangka, ternyata peserta seleksi Paskibra berasal dari berbagai macam perwakilan sekolah yang ada di Surabaya. Alhamdulillah, saya masuk dalam lima besar dan ditugaskan di Balai Kota Surabaya,” ujar Mecca.

 

Ia mengaku senang dan bangga lolos menjadi anggota Paskibra. Dengan begitu, dia mengharumkan nama sekolah tempat dia belajar. Ia pun berharap apa yang diperolehnya bisa menjadi inspirasi bagi pelajar lain, terutama pelajar NU.

 

“Ambil semua kesempatan yang ada di depanmu, perjuangkan dengan sungguh-sungguh, dan pasrahkan hasil kepada Allah SWT,” ujar Mecca.

           

Penulis: Adellia Syarifah

 

Editor: Nur Faishal


Metropolis Terbaru