• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Kediri Raya

Ragam Kegiatan HUT RI Nahdliyin di Blitar dan Gresik

Ragam Kegiatan HUT RI Nahdliyin di Blitar dan Gresik
Doa bersama HUT RI ke-76 oleh GP Ansor Gresik. (Foto: NOJ/SH)
Doa bersama HUT RI ke-76 oleh GP Ansor Gresik. (Foto: NOJ/SH)

Blitar, NU Online Jatim

Aneka kegiatan digelar oleh warga, termasuk warga Nahdlatul Ulama, di sejumlah daerah dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-76 pada Selasa (17/08/2021) kemarin. Ada yang melaksanakan upacara dengan cara dan tempat yang unik, ada yang melakukan bakti sosial, ada yang melakukan doa bersama, dan macam kegiatan lainnya.

 

Di Kabupaten Blitar, Corp Brigade Pembangunan (CBP) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Korp Pelajar Putri (KPP) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) menggelar upacara bendera di Pantai Peh Pulo, Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Hadir dalam upacara Ketua Pimpinan Wilayah IPNU Jatim Choirul Mubtadiin, dan jajaran PC IPNU dan IPPNU kabupaten setempat.

 

“Saya bahagia dan saya sangat mengapresiasi terlaksananya upacara kemerdekaan ini, sebab ini merupakan wujud kecintaan dan hormat IPNU-IPPNU kepada para pahlawan bangsa yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,” ungkap Diin, sapaan akrab Choirul Mubtadiin.

 

Selain melaksanakan upacara bendera, CBP-IPNU dan KPP-IPPNU juga melaksanakan bakti sosial dengan bersih-bersih pantai. “Karena tanpa alam dan lingkungan, kita tidak bisa apa-apa, maka dari itu jika kita memanfaatkan lingkungan kita juga yang harus menjaganya dengan baik,” kata Ketua IPNU Kabupaten Blitar Syariful Anwar.

 

Di Kabupaten Gresik, Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor setempat menggelar acara doa bersama dan muhasabah dalam rangka memperingati HUT RI ke-76. Hadir dalam kegiatan yang disiarkan langsung di YouTube itu, Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani, Ketua GP Ansor Gresik Abdul Rahim, Wakil PCNU Gresik Syifaul Qulub, dan Ketua MDS RA Gresik Gus Atha Syifa Nugraha.

 

Ketua GP Ansor Gresik Abdul Rahim mengatakan dirinya mengapresiasikan kegiatan ini karena menunjukkan sinergitas antarbanom NU dan pemerintah. Sinergitas juga ditunjukkan dalam hal penanganan Covid-19. “Sahabat Ansor terjung langsung ke lapangan bersama Pemerintah Kabupaten Gresik," ucapnya.

 

Penulis: Ika Nur Fitriani (Blitar) dan M Syafik Hoo (Gresik)

 

Editor: Nur Faishal


Kediri Raya Terbaru