• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 8 Juli 2022

Kediri Raya

Rayakan HUT RI, Sejumlah Acara Digelar Ansor Kediri dan Madiun

Rayakan HUT RI, Sejumlah Acara Digelar Ansor Kediri dan Madiun
Upacara bendera PC GP Ansor Kaabupaten di Kediri dalam merayakan HUT RI ke-76. (Foto: NOJ/Abdullah Muwaffaq).
Upacara bendera PC GP Ansor Kaabupaten di Kediri dalam merayakan HUT RI ke-76. (Foto: NOJ/Abdullah Muwaffaq).

Kediri, NU Online Jatim

Banyak cara yang dilakukan kader Gerakan Pemuda (GP) Ansor di sejumlah daerah dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-76. Mulai dari upacara bendera, hingga refleksi kemerdekaan dan kegiatan lainnya.

 

Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Kediri memilih menyelenggarakan upacara dan bagi-bagi beras. Kegiatan dipusatkan di Taman Makam Pahlawan, Pare, Kabupaten Kediri, Selasa (17/08/2021).

 

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Kediri, Rizmi Haitami Azizi mengatakan, bahwa upacara bendera tersebut dilakukan secara terbatas. Sedang kader Ansor lainnya mengikuti secara virtual melalui zoom meeting.

 

“Kegiatan ini dilakukan secara terbatas, dan kader Ansor lainnya mengikuti secara virtual dari kecamatan masing-masing,” ujar Rizmi.

 

Menurut Rizmi, pasca dilakukan upacara dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga. Kemudian dilanjutkan dengan bagi-bagi beras kepada warga sekitar dan pedagang kaki lima (PKL) serta tukang becak yang mangkal di sekitar Taman Makam Pahlawan.

 

"Sejumlah 3 ton beras tadi kami bagikan kepada PKL dan abang becak di sekitar TMP,'' pungkas alumni Universitas Islam Kediri ini.

 

Ansor di Madiun Gelar Refleksi

Sementara itu, Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Pilangkenceng Kabupaten Madiun menggelar doa bersama dan refleksi kemerdekaan. Acara terpusat di aula Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama ((MWCNU) setempat.

 

Ketua PAC GP Ansor Pilangkenceng, Suroso menyampaikan pesan, agar kader Ansor dapat meneladani perjuangan dan pengorbanan dari para pahlawan Indonesia. Semangat perjuangan yang dimiliki para pahlawan hendaknya dapat memupuk semangat kader Ansor dalam berorganisasi.

 

"Sebagai generasi penerus, kita tidak boleh melupakan sejarah. Pemuda Ansor harus melanjutkan perjuangan dan mendoakan pejuang yang telah berkorban untuk kemerdekaan Indonesia," ungkapnya.

 

Sesuai namanya, lanjut Suroso, Ansor merupakan sebuah organisasi pemuda yang bergerak. Menurutnya, bergerak berarti menjalankan program-program yang telah dicanangkan. Meski pandemi, bukan berarti harus berhenti untuk bergerak.

 

 

“Semua harus terus bergerak dan berkegiatan, namun karena sedang pandemi maka teknis kegiatan berubah dengan dilakukan secara virtual dan terbatas,” pungkasnya.

 

Penulis: Mirna Nur Asyiah & Abdullah Muwaffaq

Editor: A Habiburrahman


Kediri Raya Terbaru