• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Mei 2022

Tapal Kuda

Ansor Kencong: Tanpa Cita-cita, Indonesia Tidak Merdeka

Ansor Kencong: Tanpa Cita-cita, Indonesia Tidak Merdeka
Agus Nur Yasin saat sambutan Virtual Doa Bersama PC GP Ansor Kencong dalam peringatan HUT RI ke 76 di aula PCNU setempat, Senin (16/08/2021). (Foto: NOJ/ Fahrur Rozi).
Agus Nur Yasin saat sambutan Virtual Doa Bersama PC GP Ansor Kencong dalam peringatan HUT RI ke 76 di aula PCNU setempat, Senin (16/08/2021). (Foto: NOJ/ Fahrur Rozi).

Jember, NU Onlline Jatim

Hikmah memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) adalah agar dapat mengambil isnpirasi dari para pejuang, para pendiri negara dan para suhada. Di antaranya, bahwa dalam hidup harus memiliki cita –cita yang besar.

 

Rakyat Indonesia tidak dapat merasakan indahnya kemerdekaan, tanpa cita-cita besar dari para pejuang untuk merdeka.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Agus Nur Yasin, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kencong dalam acara Doa dan Tahlil Bersama Memperingati HUT RI Ke-76, Senin (16/08/2021) pukul 19.00 WIB.

 

Acara yang digelar secara virtual dari aula Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kencong Jalan WIjaya Kusuma nomor 28 Kencong, Kabupaten Jember tersebut diikuti oleh pengurus dan anggota Ansor, Banser, pengurus NU, lembaga dan Badan Otonom (Banom) NU setempat melalui Zoom Meeting dan media sosial.

 

Agus berharap Ansor dan Banser dapat meneladani dan mengambil pelajaran serta hikmah dari perjuangan maupun cita-cita para pahlawan, muasis, suhada dan para pendiri bangsa.

 

Menurut Agus, perjuangan pahlawan memang berat, tetapi tugas mengisi kemerdekaan itu juga tidak bisa dinggap mudah.

 

“Tantangan kita lebih besar sebagai generasi penerus bangsa. Oleh karenanya, saya berharap sahabat-sahabat khususnya Ansor dan Banser untuk sungguh-sungguh dalam upaya mengisi dan mempertahankan kemerdekaan,” tuturnya.

 

Agus juga menambahkan, meskipun masih dalam masa pandemic Covid-19, kegiatan kerja organisasi dan pengabdian kepada masyarakat harus tetap berjalan. Meskipun dilaksanakn dengan cara berbeda sebab harus menerapkan protokol kesehatan.

 

“Oleh karenanya, marilah kita berdoa kepada Alloh semoga para pejuang yang telah menegakkan kemerdeaaan diberikan surga oleh Allah,” pungkasnya.

 

Sementara, Kiai Zainil Ghulam, Ketua PCNU Kencong dalam sambutanya mengutip perkataan Umar bin Khattab tentang cinta Tanah Air.

 

“Andaikan tidak ada cinta Tanah Air, niscaya negara yang terkoyak akan punah. Karena dengan cinta kepada negara maka negara jaya akan makmur sentosa,” tutur Gus Ghulam mengutip sahabat nabi.

 

Oleh karena itu, ia berharap, di masa pandemi ini bangsa Indonesia bisa mengambil bagian dan turut berjuang menangani wabah. “Agar Indonesia merdeka, khususnya merdeka dari Corona, sehingga kita bisa hidup dengan normal lagi,” pungkasnya.

 

Hadir secara luring di aula PCNU Kencong, Ketua PC Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama Kencong (LDNU) KH Zainul Arifin beserta jajaranya, Ketua PC Majlis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Muhlih Muttaqin, Sekretaris PC GP Ansor Kencong Asnawan, dan Wakil Ketua bidang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) PC GP Ansor Kencong Fahrur Rozi bersama Tim Media.

 

 

Sementara Agus Nur Yasin dan KH Zainil Ghulam menyampaikan sambutanya melalui saluran Zoom Meeting dari kediamanya masing-masing.

 

Penulis: Fahrur Rozi

Editor: Romza


Editor:

Tapal Kuda Terbaru