• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 25 Mei 2022

Tapal Kuda

Vaksinasi di PCNU Kencong Diikuti Berbagai Kalangan

Vaksinasi di PCNU Kencong Diikuti Berbagai Kalangan
Peserta saat disuntik vaksin Covid-19 di kantor PCNU Kencong, Jember, Ahad (15/08/2021). (Foto: NOJ/ Fahrur Rozi).
Peserta saat disuntik vaksin Covid-19 di kantor PCNU Kencong, Jember, Ahad (15/08/2021). (Foto: NOJ/ Fahrur Rozi).

Jember, NU Online Jatim 

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kencong Kabupaten Jember menggelar vaksinasi Covid -19 dosis pertama, Ahad (15/08/2021). Vaksinasi yang dilaksanakan di kantor PCNU Kencong ini diikuti warga dari berbagai kalangan.

 

Para peserta vaksinasi tersebut di antaranya para tukang becak, petani, pedagang, buruh, pelajar, mahasiwa, guru dosen dan pegawai yang belum mendapatkan vaksin. 

 

Edi Sudarto, pedagang Kopi Pinggir Kali (KPK) Kencong bersyukur dapat mengikuti vaksinasi di PCNU Kencong. Ia mengaku tidak masalah meskipun harus meninggalkan warung kopinya. 

 

Menurutnya, mencari vaksinasi saat ini mulai sulit. Meskipun ada, tapi harus datang ke kota Jember.

 

"Adanya (vaksinasi) jauh, mas. Harus ke Jember. Ini mumpung dekat saya daftar, alhamdulillah masuk dalam kuota," ungkapnya. 


 

Dengan vaksinasi, ia berharap dapat terhindar dari Covid-19. Sekaligus dirinya ingin memberikan contoh kepada sanak keluarga agar tidak takut divaksin. "Awalnya takut, tapi karena banyak kasus (positif Covid-19) saya ikut (vaksinasi)," lanjutnya. 

 

Vaksinasi dosis pertama tersebut digelar atas kerjasama PCNU Kencong dengan Polres Jember. Secara teknis, kegiatan vaksinasi tahap kedua tersebut dilakukan oleh lembaga dan Badan Otonom (Banom).

 

Di ataranya Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) sebagai tenaga vaksinator. Kemudian tim dari Ikatan Pelajaran Nahdlatul Ulama (IPNU) sebagai tenaga administrasi dan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) sebagai penyedia konsumsi bagi panitia dan peserta vaksinasi.

 

Irfan Fauroni, penanggungjawab acara mengatakan, kegiatan tersebut berjalan lancar meskipun pada awalnya panitia masih dalam penyesuaian.

 

"Semua masih tahap penyesuaian tugas, kecuali tenaga medis. Kami pakai tenaga profesional," ungkapnya. 


Masih menurut Irfan, kegiatan vaksinasi tahap kedua ini diperuntukan bagi masyarakat umum. 

 

"Sebelumnya, di tahap pertama kami peruntukan bagi pengurus saja, yang sekarang untuk umum," ungkap pria yang menjabat sebagai Wakil Sekretaris PCNU Kencong tersebut. 


Terkait dengan banyaknya pendaftar yang belum terpenuhi, pihaknya akan melakukan tahapan vaksinasi ketiga dan menambah dosis vaksin.

 

 

"Sampai hari ini ada sekitar 300 pendaftar yang belum divaksin. Tahapan selanjutnya akan lebih bayak dari sekarang," pungkasnya.

 

Penulis: Fahrur Rozi

Editor: Romza


Editor:

Tapal Kuda Terbaru