• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 26 Mei 2022

Tapal Kuda

Nahdliyin Jember Antusias Daftar Vaksinasi Covid-19 di PCNU Kencong

Nahdliyin Jember Antusias Daftar Vaksinasi Covid-19 di PCNU Kencong
Flyer vaksinasi Covid-19 yang dibuat PCNU Kencong. (Foto: Istimewa).
Flyer vaksinasi Covid-19 yang dibuat PCNU Kencong. (Foto: Istimewa).

Jember, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kencong Kabupaten Jember membuka pendaftaran peserta vaksinasi Covid-19 pada Jumat (13/08/2021). Hanya dalam waktu tidak sampai satu jam sejak diumumkan melalui flyer di media social, pendaftar sudah mencapai ratusan bahkan melebihi kuota panitia.

 

“Kami umumkan pukul 05.00 sore, pukul 06.00 sudah penuh,” kata Irfan Fauroni, panitia pelaksana vaksinasi.

 

Padahal, lanjut Irfan, pelaksanaan vaksinasi baru akan dilaksanakan pada Ahad (15/08/2021) pagi di aula Kantor PCNU Kencong Jalan Wijaya Kusuma nomor 28 Kencong, Jember.

 

Vaksinasi dosis pertama tersebut adalah kegiatan kedua yang dilaksanakan atas kerja sama PCNU setempat dengan Polres Jember. Adapun sasaran vaksinasi ini adalah Nahdliyin.

 

“Ini adalah yang kedua kalinya, gelombang pertama kami laksanakan ahir bulan Juli dengan target pengurus harian lembaga dan Badan Otonom (banom),” kata pria yang menjabat sebagai Wakil Sekretaris PCNU Kencong tersebut.

 

Menurut Irfan, meskipun kuotanya tidak banyak, namun secara prosentase dapat diukur antara kuota dan kebutuhan perbedaanya sangat signifikan.

 

“Kami hanya dapat 50 kuota, tapi pendaftarnya sudah tembus 200. Ini kan berarti masyarakat sudah banyak yang sadar vaksin,” tuturnya.

 

Sampai berita ini selesai ditulis, masih banyak telepon dan pesan WathsApp masuk ke panitia untuk mendaftar vaksinasi.

 

Terpisah, Kiai Zainil Ghulam, Ketua PCNU Kencong menyatakan bergembira atas antusiasme Nahdliyin mengikuti vaksinasi.

 

Menurutnya, semakin banyak masyarakat yang mendaftar berarti kesadaran masyarakat akan vaksinasi juga semakin meningkat.

 

Pria yang akrab dipanggil Gus Ghulam tersebut menyampaikan, pihaknya mendapatkan kuota vaksin dari Polres Jember karena baiknya komunikasi antara lembaga yang sudah terjalin sejak lama.

 

Selain itu, Polres Jember juga membutuhkan percepatan vaksinasi di kalangan masyarakat. “Oleh karenanya, Polres Jember mengajak kerja sama dalam giat vaksinasi di Kantor PCNU Kencong,” tuturnya.

 

Terkait banyaknya pendaftar yang tidak masuk dalam kuota, ia berharap masyarakat untuk tidak panik. Pihaknya akan terus berkordinasi dengan instansi terkait agar dapat menggelar kegiatan serupa secepatnya.

 

“Tentunya dengan memperhatikan stok vaksin dari (pemerintah) pusat,” tutur pengasuh Pondok Pesantren Darul Muqomah tersebut.

 

Ia juga menginformasikan, tidak hanya dengan PCNU Kencong, Polres Jember akan bekerja sama dengan seluruh Organisasi Masyarakat (Ormas) dalam penyaluran vaksin. Tujuanya agar tidak tertumpu dalam satu titik dan  menhidari kerumunan.

 

“Untuk warga NU saya berpesan, agar tetap mematuhi prokes, jangan samapai kita lengah, segera melaksanakan vaksin sebagai ikhtiar kita agar tidak terpapar Covid-19,” pungkasnya.

 

 

Sementara itu, pendaftar yang masuk dalam kuota akan dihubungi oleh panitia melalui pesan WhatsApp atau SMS. Sedangkan pendaftar yang tidak masuk dalam kuota, panitia akan mengumumkan di media sosial milik PCNU Kencong. 

 

Penulis: Fahrur Rozi

Editor: Romza


Editor:

Tapal Kuda Terbaru