• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 27 November 2022

Metropolis

Keunikan Ngaji Posoan Karya lmam Ghazali di Masjid Ampel Surabaya

Keunikan Ngaji Posoan Karya lmam Ghazali di Masjid Ampel Surabaya
Ngaji Posoan kitab Ayyuhal Walad. (Foto: NOJ/Hisam)
Ngaji Posoan kitab Ayyuhal Walad. (Foto: NOJ/Hisam)

Surabaya, NU Online Jatim

Majelis Alumni Lembaga Pengajaran Bahasa Arab (LPBA) Masjid Agung Sunan Ampel (MASA) pada bulan suci Ramadlan 1442 H menggelar Ngaji Posoan yang diikuti oleh para peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur.

 

Ngaji posoan ini bertempat di gedung LPBA MASA dengan materi yang dibaca kitab Ayyuhal Walad karya hujjatul lslam Abu Hamid al-Ghazali, cendikiawan muslim ternama di abad pertengahan.

 

“Pada Ramadlan kali ini ada suguhan pemandangan berbeda dengan hadirnya para santri Ngaji Posoan di Ampel yang berasal dari berbagai daerah seperti Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Jombang dan Bangkalan,” kata Achmad Syaichu Buchori selaku Ketua Majelis Alumni LPBA MASA.

 

Dalam kegiatan Ngaji Posoan ini terdapat keunikan yang lain dibandingkan dengan kajian kitab pada umumnya sebab pada nantinya akan dihasilkan karya bersama terjemahan kitab Ayyuhal Walad versi bahasa lndonesia.

 

“Teknisnya setelah beberapa maqro dibaca dan dibahas oleh para pemateri, ketika pulang ke rumah para peserta yang mumpuni dipersilakan untuk membuat terjemahan bahasa Indonesia setelah itu di kirim ke admin majelis alumni untuk nantinya dibuatkan satu versi terjemahan melalui proses editing dan koreksi,” jelasnya kepada NU Online Jatim, Rabu (28/04/2021).

 

Selain itu, terjemahan versi admin akan diberikan kepada para dosen LPBA MASA untuk dilakukan edit dan koreksi ulang. “Bila perlu pada nantinya akan ada penambahan catatan dalam bentuk syarah yang diberikan oleh para dosen LPBA MASA,” tambahnya.

 

Perlu diketahui kegiatan Ngaji Posoan ini berlangsung setiap hari Sabtu dan Ahad, akan berakhir pada Ahad 9 Mei 2021 bertepatan dengan 27 Ramadlan 1442 H. “Semoga mendapatkan berkahnya Ramadlan dengan lahirnya karya bersama santri Ngaji Posoan di Ampel,” pungkasnya.

 

Editor: Risma Savhira


Metropolis Terbaru