• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 1 Juli 2022

Metropolis

KH Robbach Ma’sum Dinobatkan sebagai Tokoh Pembangunan Gresik

KH Robbach Ma’sum Dinobatkan sebagai Tokoh Pembangunan Gresik
Penyerahan anugerah penghargaan untuk almarhum KH Robbach Ma’sum. (Foto: Istimewa)
Penyerahan anugerah penghargaan untuk almarhum KH Robbach Ma’sum. (Foto: Istimewa)

Gresik, NU Online Jatim
Almarhum KH Robbach Ma’sum seorang ulama Nahdlatul Ulama (NU) ditetapkan sebagai tokoh pembangunan di Kabupaten Gresik. Atas dedikasinya itu, sang kiai mendapatkan anugerah penghargaan Giri Pancasuar Awards (GPA) dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Gresik.
 

Penyerahaan anugerah penghargaan itu dilaksanakan saat puncak Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 di Wahana ekspresi Poesponegoro (WEP) Jalan Jaksa Agung Suprapto Gresik pada Kamis (24/03/2022).
 

Tokoh lainnya yang memperoleh penghargaan yaitu penggerak olahraga Basuki Rahmat, kemudian perusahaan pendukung pelestarian lingkungan Cargill Indonesia-Cargill Cocoa & Chocolate Gresik. Selanjutnya pegiat ekonomi kreatif berbasis kebudayaan Achmad Nur Hasim Hamada, dan Ketua DPRD Gresik pertama almarhum KH Muhammad Umar Burhan.​​​​​​​
 

Ashadi Ikhsan, Ketua PWI Kabupaten Gresik mengatakan, kegiatan GPA ini rutin dilaksanakan setiap tahun untuk mengapresiasi masyarakat Gresik yang memiliki dedikasi dan prestasi. "Ya, baik regional maupun Internasional," katanya.​​​​​​​
 

Ashadi menambahkan, penilaian dalam penentuan penerima penghargaan berlangsung cukup ketat dan sangat selektif. "Semoga ke depan tambah edukatif dan menginspirasi," ujarnya.
 

Sementara itu, Ketua DPRD Gresik Moh Abdul Qodir dalam sambutannya menyampaikan, puncak kegiatan HPN ini sebagai bentuk sinergitas media bersama pemerintah dalam menjaga pilar demokrasi.
 

“Semua rangkaian kegiatan dari PWI Gresik positif dan bermanfaat. Mempunyai potensi untuk perkembangan dunia jurnalistik,” ucapnya.​​​​​​​
 

Qodir berharap, peran media ke depannya bisa memberikan aktualisasi penyampaian berita yang benar di tengah kemajuan teknologi.
 

“Bagaimana bisa memberikan informasi yang valid di tengah menjamurnya media sosial yang belum tentu kebenarannya,” tuturnya.
 

Wakil Bupati Gresik Hj Aminatun Habibah menyampaikan, peran insan pers merupakan motivasi kepada pemerintah untuk menjalankan visi misi.
 

“Apa yang diperbuat oleh PWI Gresik juga program dari Pemkab Gresik,” ucapnya.
 

Bu Min sapaan akrabnya menyatakan, melalui program tersebut insan media juga diminta bisa bersinergi dalam penanggulangan kemiskinan, pengangguran, dan infrastruktur di Kabupaten Gresik.
 

“Program unggulan kami penanggulangan kemiskinan dan pengangguran di Gresik yang saat ini lebih tinggi dari Jatim, walaupun pertumbuhan di ekonomi juga tinggi termasuk tinggi,” jelasnya.
 

Selain lima penghargaan GPA, Pwi Gresik juga memberikan apresiasi penghargaan kepada pegiat muda lingkungan hidup Aeshinina Azzahra , Kepala Dinkes dr Mukhibatul Khusna, PT Smelting dan Bea Cukai.
 

Disamping beberapa penghargaan, dan GPA, para finalis dan pemenang lomba maskot PWI Gresik dan Live Report juga ikut serta meramaikan puncak HPN 2022 ini.
 

 

Sedangkan tokoh lainnya yang hadir antara lain, Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis dan Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Taufik Ismail.
 

Selanjutnya Wakil Ketua DPRD Gresik Ahmad Nurhamim, Nur Saidah, serta Wagub Emil Elestianto Dardak, dan Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad.


Editor:

Metropolis Terbaru