• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Metropolis

Khofifah Pastikan RS-RS Bisa Isi Ulang Oksigen Langsung ke Produsen

Khofifah Pastikan RS-RS Bisa Isi Ulang Oksigen Langsung ke Produsen
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat mengunjung produsen oksigen di Gresik. (Foto: Humas Pemprov Jatim)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat mengunjung produsen oksigen di Gresik. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

Gresik, NU Online Jatim

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali melakukan kunjungan ke pabrik produsen oksigen setelah tiga hari lalu melakukan hal yang sama ke Samator, salah satu produsen oksigen terbesar di Indonesia. Hal itu ia lakukan untuk memastikan ketersediaan oksigen untuk seluruh rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Jatim.

 

Salah satu produsen oksigen yang dikunjungi Khofifah pada Sabtu (10/07/2021) ialah PT Air Product Indonesia di Divisi Industrial Gases, PT Tira Austenite Tbk, Kabupaten Gresik. Berdasarkan hasil pertemuan, ia mengatakan bahwa masing-masing rumah sakit bisa proaktif membawa tabung atau silinder untuk mengisi ulang oksigen langsung di pabrik.

 

"Kalau dulu mungkin mereka menunggu proses kapan tabung oksigen atau silindernya diambil kemudian diisi. Sekarang harus sama-sama proaktif mengingat kebutuhan di rumah sakit meningkat tajam," kata Khofifah.

 

Agar metode proaktif bisa terlaksana dengan baik, Ketua Umum Muslimat NU itu menugaskan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur untuk mengkoordinasikan kepada RS-RS agar sama-sama proaktif.

 

"Sehingga masih tersedia ruang untuk mendapatkan percepatan pengadaan oksigen di masing-masing rumah sakit," imbuhnya.

 

Lebih lanjut Khofifah menerangkan, dukungan dari pabrik oksigen melalui PT Air Product Indonesia semakin mempercepat kebutuhan oksigen bagi RS maupun pasien akibat pandemi Covid-19.

 

"Kita ingin memastikan bahwa di titik-titik mana sebenarnya produksi oksigen bisa dimaksimalkan dan kita melihat bahwa PT Air Product akan membagi produksinya melalui distributor-distributor. Kita juga menyampaikan terimakasih produk oksigen disini seratus persen saat ini untuk layanan medis," jelas Khofifah.

 

Kemudian, salah satu proses pengisian yang berada di belakang pabrik, pada dasarnya masih bisa dimaksimalkan. Tim yang ada saat ini, siap untuk menambah shift. Satu kali shift bisa mencapai 300 tabung maupun silinder. 1 kali pengisian 30 menit untuk 20 tabung atau 20 silinder berkapasitas 6 M3 dan itu bisa ditingkatkan dua kali lipat.

 

"Saya rasa ini menjadi bagian penting. Ayo saling proaktif. Memaksimalkan kebutuhan oksigen yang banyak dialami oleh rumah sakit rumah sakit sehingga pelayanan pasien covid-19 berjalan baik," ujarnya.

 

Editor: Nur Faishal


Metropolis Terbaru