• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Metropolis

Komisariat IPNU-IPPNU MANU Gresik Terapkan Sistem Demokrasi sejak Dini

Komisariat IPNU-IPPNU MANU Gresik Terapkan Sistem Demokrasi sejak Dini
Rapat Anggota III PK IPNU-IPPNU Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Desa Petung, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Sabtu (28/11/2020). (Foto: NOJ/ Syafik Hoo).
Rapat Anggota III PK IPNU-IPPNU Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Desa Petung, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Sabtu (28/11/2020). (Foto: NOJ/ Syafik Hoo).

Gresik, NU Online Jatim

Pimpinan Komisariat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Madrasah Aliyah NU Desa Petung, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik menggelar Rapat Anggota III, Sabtu (28/11/2020). Dalam kegiatan ini ada proses pemilihan Ketua Komisariat IPNU-IPPNU yang dilangsungkan secara demokratis.

 

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula YPP Tarbiyatut Tholibin ini tentu menjadi pembelajaran berharga bagi pelajar yang bergabung di IPNU-IPPNU tentang demokrasi sejak dini.

 

Proses pemilihan Ketua Komisariat IPNU-IPPNU dilakukan dengan menerapkan pemilihan secara langsung, bebas dan rahasia. Praktik money politic tidak berlaku dalam kehidupan dalam proses pemilihan ini.

 

Para kontestan dan pemilih sangat antusias dan ingin benar-benar memilih pemimpin yang memiliki visi-misi positif untuk membawa IPNU-IPPNU yang lebih baik. Masing-masing kontestan calon ketua memaparkan secara singkat visi dan misi mereka layaknya pencalonan kepala daerah.

 

Sebagian kontestan mengungkapkan akan membawa organisasi lebih maju melalui semua program kegiatan. Sebagaimana yang diungkapkan M Faisal Akbar salah satu kontestan Calon Ketua IPNU.

 

Sedangkan Rahmania Indria Putri menyampaikan untuk lebih memajukan kegiatan-kegiatan keputrian terutama dalam bidang keterampilan dan sosial sebagai visi misinya. "Seorang pelajar putri  harus mandiri dalam segala hal," tegasnya.

 

Pemilihan Ketua Komisariat IPNU-IPPNU MA NU Petung ini dihadiri Ketua YPP Tarbiyatut Tholibin, KH Nur Khozin dan Kepala MA NU, Askori.

 

Setelah dilakukan selesai pemilihan, diketahui Ketua IPNU-IPPNU terpilih masa khidmah 2020-2021 yakni M. Faisal Akbar dan Rahmania Indria Putri.

 

Kepala MA NU, Askori menekankan pentingnya untuk selalu belajar serta terus menerus meningkatkan kualitas diri. "Anak-anakku, teruslah belajar dan belajar. Teruslah menempa diri agar menjadi kader-kader yang berkualitas. Apalagi di era yang serba maju, jangan menjadi generasi yang tidak laku, tidak mampu menjawab tantangan zaman," katanya kepada para pelajar saat menyampaikan sambutan.

 

 

Ia menambahkan, para pelajar harus memperbanyak pengalaman supaya memperoleh bekal yang baik sebelum terjun di masyarakat. "Kalian harus selalu aktif dalam kegiatan di madrasah agar memiliki banyak pengalaman. Jangan menjadi anak seperti katak dalam tempurung dan kurang pengalaman," tegasnya.

 

Editor: Romza


Editor:

Metropolis Terbaru