• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 6 Desember 2022

Metropolis

LAZISNU Jatim Serahkan Bantuan Pendidikan kepada Siswa Terdampak Covid-19

LAZISNU Jatim Serahkan Bantuan Pendidikan kepada Siswa Terdampak Covid-19
Sekretaris PW NU Care-LAZISNU Jawa Timur menyerahkan bantuan pendidikan kepada Ketua PC LP Ma'arif Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli)
Sekretaris PW NU Care-LAZISNU Jawa Timur menyerahkan bantuan pendidikan kepada Ketua PC LP Ma'arif Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  (PPKM) untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. PPKM tersebut diberlakukan sejak Senin (11/01/2021) hingga Senin (25/01/2021) mendatang.

 

Banyak kegiatan dan aktivitas masyarakat yang akan dibatasi selama PPKM berlangsung, diantaranya kegiatan belajar mengajar harus dilaksanakan secara daring.

 

Peduli dengan kondisi pendidikan di masa PPKM tersebut, Pimpinan Wilayah (PW) NU Care-Lembaga Amil, Zakat, Infak, Shadaqah (LAZISNU) Jawa Timur bergerak cepat menyalurkan bantuan melalui program pendidikan kepada siswa yang berada di bawah naungan Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Sidoarjo.

 

Bantuan diserahkan langsung oleh Sekretaris PW NU Care-LAZISNU Jawa Timur, Moch Rofi’i Boenawi kepada Ketua PC LP Ma’arif NU Sidoarjo, H Misbahuddin. Kegiatan yang bertempat di kantor PC LP Ma’arif NU Sidoarjo ini digelar pada Selasa (12/01/2021).

 

“LAZISNU Jawa Timur bersama LP Ma’arif Jawa Timur memberikan bantuan kepada anak didik yang berada di bawah naungan LP Ma’arif NU Sidoarjo, berupa sejumlah uang tunai,” kata Rofi’i, sapaan akrabnya.

 

Ia berharap nantinya para kepala sekolah menyalurkan bantuan ini dalam bentuk kuota internet atau alat tulis sehingga para siswa ini tidak lagi keberatan dalam belajar secara virtual.

 

“Disaat kondisi pandemi Covid-19 dan pemberlakuan PPKM ini, pihak sekolah semuanya melakukan pembelajaran jarak jauh yaitu secara virtual. Sehingga kami memberikan bantuan kepada siswa yang sangat membutuhkan, terutama masalah kuota internet untuk mengakses pembelajaran secara virtual,” kata Rofi’i.

 

Dijelaskannya, bantuan tersebut akan disalurkan ke beberapa Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Kendati demikian, pihaknya akan tetap melakukan koordinasi dengan LP Ma’arif NU Jawa Timur.

 

“Mereka yang akan menentukan PC LP Ma’arif NU , sekolah, dan siswa mana yang perlu diberikan bantuan.  Total seluruhnya sekitar Rp 70 juta, kami akan bagikan rata kepada LP Ma’arif NU se-Jawa Timur,” jelasnya.

 

Sementara itu, Ketua PC LP Ma’arif NU H Misbahuddin menuturkan, dengan adanya pemberian bantuan dari PW NU Care-LAZISNU ini, paling tidak bisa sedikit meringankan beban para wali murid untuk kegiatan pembelajaran di rumah baik daring maupun luring.

 

“Adapun kriteria penerima bantuan ini adalah siswa yatim dan miskin yang sangat terdampak dengan adanya pandemi ini. Hari ini kita bagikan bantuan kepada 6 anak yang sekolah di tingkat SD dan MI serta SMP dan MTs. Tiap anak rata-rata mendapatkan Rp 400 ribu sampai Rp 500 ribu,” tuturnya kepada NU Online Jatim.

 

Dirinya berharap, setelah mendapatkan bantuan ini, keluarga yang tidak mampu tersebut bisa merasa lebih nyaman dalam mengikuti pembelajaran.

 

“Selama ini mereka sangat mengeluh baik karena pulsa maupun biaya-biaya yang lain dengan adanya pandemi. Insya Allah dengan bantuan ini mereka terbantu dan sedikit bernapas lega,” pungkasnya.

 

 

Editor: Risma Savhira


Metropolis Terbaru