• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Januari 2023

Metropolis

Lewat Mageri Desa, Ansor di Gresik Doakan Pandemi segera Sirna

Lewat Mageri Desa, Ansor di Gresik Doakan Pandemi segera Sirna
Lambang GP Ansor. (Foto: NOJ/Ist).
Lambang GP Ansor. (Foto: NOJ/Ist).

Gresik, NU Online Jatim

Berbagai macam cara serta ikhtiar dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19. Baik secara individu maupun kelompok atau organisasi. Baik itu dalam bentuk ikhtiar lahir ataupun batin.

 

Seperti yang dilakukan Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda (GP) Ansor Tebuwung, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik. Yakni dengan melaksanakan kegiatan ‘Mageri Desa’, Kamis  (16/07/2021) malam.

 

Mageri Desa tersebut yakni berkeliling desa mengusir wabah seraya mengucapkan shalawat tolak bala ijazah dari KH M Hasyim Asy’ari, yaitu shalawat 'Lii Khomsatun’.

 

“Kegiatan ini untuk melestarikan tradisi dan amaliyah sesepuh terdahulu ketika ada penyakit pandemi atau pagebluk seperti saat ini," ujar Zainul Abidin, koordinator kegiatan, Jum’at (16/07/2021).

 

Mbah Inul, sapaan akrabnya menambahkan, aksi keliling desa ini biasanya dilakukan pada hari-hari tertentu, seperti malam Jum’at. Hal ini agar lebih khusuk dan konsentrasi.

 

“Agar lebih khusuk, biasanya kegiatan semacam ini dilakukan pada hari-hari tertentu, seperti yang kami lakukan tadi malam,” imbuhnya.

 

Dikatakan oleh Mbah Inul, dari kegiatan ini diharapkan agar pandemi atau pagebluk yang berkepanjangan segera berakhir. Hal tersebut agar masyarakat dapat beraktivitas dengan normal seperti sedia kala.

 

“Kegiatan ini merupakan sebentuk tradisi terdahulu dengan berdoa mengetuk pintu langit dengan memohon kepada Allah pandemi segera sirna," pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Metropolis Terbaru