• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 9 Desember 2022

Metropolis

Menhan Prabowo Sowan Pesantren Tebuireng dan Ziarah Makam Gus Dur

Menhan Prabowo Sowan Pesantren Tebuireng dan Ziarah Makam Gus Dur
Menhan Prabowo Subianto saat silaturahim dan ziarah ke makam Gus Dur. (Foto: Istimewa)
Menhan Prabowo Subianto saat silaturahim dan ziarah ke makam Gus Dur. (Foto: Istimewa)

Surabaya, NU Online Jatim
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Rabu (04/05/2022). Kedatangannya tersebut dimaksudkan untuk silaturahim dan ziarah ke makam Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.


Kedatangan Menhan Prabowo disambut langsung oleh pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin. Ia juga ditemani KH M Irfan Yusuf atau Gus Irfan cucu pendiri NU KH M Hasyim Asy’ari yang juga Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra.


Dalam kesempatan itu, Prabowo mengatakan dirinya memanfaatkan momentum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah untuk melakukan safari silaturahim ke sejumlah tempat, termasuk mengunjungi Pesantren Tebuireng.


"Saya memang sudah sering datang ke sini, (saya) merasa dekat dengan keluarga besar Tebuireng; dan saat libur ini saya keliling silaturahim lebaran dengan sahabat-sahabat lama saya. Pembahasannya ringan-ringan saja, melepas rasa kangen ya," kata Prabowo dilansir cnnindonesia.com, Rabu (04/05/2022).


Dengan didampingi Gus Kikin, Prabowo masuk ke dalam Ndalem Kasepuhan. Keduanya berada di dalam rumah tersebut sekitar dua jam.


Sementara itu, Gus Kikin mengatakan Prabowo memiliki hubungan dengan Pesantren Tebuireng sudah lama. Ibu dari Prabowo kenal dekat dengan ibu dari Gus Dur. Selain itu, Prabowo juga mengenal dekat almarhum KH Yusuf Hasyim.


"Beliau juga sudah berkali-kali mengunjungi Pesantren Tebuireng," kata Gus Kikin.


Selain silaturahim, Prabowo juga menyempatkan ziarah ke makam Gus Dur, yang lokasinya berada di area pesantren. Di makam itu, juga terdapat makam pendiri NU KH M Hasyim Asy'ari dan lainnya.


Editor:

Metropolis Terbaru