• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Metropolis

Nahdliyin, Cek Harga Pangan sebelum Belanja Lebaran

Nahdliyin, Cek Harga Pangan sebelum Belanja Lebaran
Satgas Pangan Jatim saat mengecek ketersediaan dan harga daging sapi ke pedagang di Pasar Tambakrejo Surabaya, Selasa (11/05/2021). (Foto: NOJ/NF)
Satgas Pangan Jatim saat mengecek ketersediaan dan harga daging sapi ke pedagang di Pasar Tambakrejo Surabaya, Selasa (11/05/2021). (Foto: NOJ/NF)

Surabaya, NU Online Jatim

Harga kebutuhan pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah relatif normal. Hanya ada beberapa bahan pangan yang harganya mengalami kenaikan, namun masih dalam batas kewajaran, yaitu harga daging sapi dan harga minyak goreng.

 

“Hanya yang agak naik itu ada pada harga daging sapi. Yang berkisar antara harga Rp110 ribu sampai Rp125 ribu, dan (harga) minyak goreng, baik curah maupun kemasan,” kata Ketua Satuan Tugas Pangan Jawa Timur Kombes Pol Farman saat sidak di Pasar Tambakrejo Surabaya, Selasa (11/05/2021).

 

Kenaikan harga daging sapi itu berkisar antara Rp10 ribu sampai Rp25 ribu. Sementara kenaikan harga minyak goreng sebesar Rp500 saja. Sedangkan untuk harga pangan lainnya masih normal, bahkan di bawah harga eceran tertinggi. “Untuk harga sebagian besar masih di bawah harga eceran tertinggi,” tandas Farman.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Jatim Drajat Irawan mengatakan kenaikan harga daging sapi terjadi karena adanya peningkatan permintaan. Itu wajar karena mendekati Hari Raya Idul Fitri.

 

"Ini mengindikasikan ada pergerakan peningkatan. Perekonomian kita mulai berjalan lebih bagus. Ini ketersediaan kita hari ini ada peningkatan sedikit," kata Drajat.

 

Drajat menyebut kenaikan harga daging sapi masih dalam batas wajar dan tak akan berlangsung lama.

 

"Mungkin besok ada peningkatan permintaan tapi setelah itu normal. Naiknya masih wajar lah. Selain itu minyak, lainnya stabil bahkan di bawah HET. Ini mengindikasikan distribusi lancar dan kita punya early warning system dari Siskaperbapo maupun dari Polda Jatim," pungkas Drajat.

 

Berikut ini harga pangan di Surabaya menjelang Lebaran:

- Gula pasir 1kg Rp12.000

- Minyak goreng kemasan 1 liter Rp15.500

- Minyak goreng curah 1 liter Rp15.000

- Daging Sapi 1 kg Rp110.000 - Rp125.000

- Telur ayam ras 1 kg Rp22.000

- Telur ayam kampung 1 kg Rp32.000

- Cabai keriting 1 kg Rp35.000

- Cabai biasa 1 kg Rp45.000

- Cabai Rawit 1 kg Rp50.000

 

Editor: Nur Faishal


Metropolis Terbaru