• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 31 Januari 2023

Metropolis

NU di Sidoarjo Gelar Bimbingan Pemulasaran Jenazah Covid-19

NU di Sidoarjo Gelar Bimbingan Pemulasaran Jenazah Covid-19
Jajaran Pengurus MWCNU Tarik dan PCNU Sidoarjo menyanyikan lagu subhanul wathon pada pembukaan acara. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)
Jajaran Pengurus MWCNU Tarik dan PCNU Sidoarjo menyanyikan lagu subhanul wathon pada pembukaan acara. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Tarik Kabupaten Sidoarjo mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pemulasaran jenazah Covid-19, Sabtu (28/08/2021). Kegiatan ini digelar guna membantu warga mengurus jenazah keluarganya yang terpapar Covid-19.

 

Acara yang dilaksanakan di aula MWCNU Tarik ini diikuti peserta dari berbagai unsur. Mulai dari pengurus ranting NU termasuk modin se Kecamatan Tarik.

 

Ketua Tanfidziah MWCNU Tarik, H Siaman mengatakan, acara ini sangat penting supaya apabila ada masyarakat wafat karena Covid-19 dapat merawatnya sesuai protokol kesehatan.

 

“Diharapkan dengan adanya bimtek ini peserta bisa memberi manfaat kepada masyarakat jika ada keluarga atau masyarakat yang meninggal karena Covid-19,” tuturnya kepada NU Online Jatim.

 

Sementara itu, Camat Tarik Iswadi Pribadi menyampaikan, acara ini sangat bermanfaat untuk keadaan saat ini. Sebab, apabila ada masyarakat yang wafat karena Covid-19 perawatannya tidak menunggu dari rumah sakit.

 

“Sangat mendukung acara ini, karena jika ada masyarakat yang wafat karena Covid-19 di rumah bisa ditangani oleh para peserta yang hadir dalam bimtek ini. Karena jika menunggu rumah sakit terlalu lama,” ujarnya.

 

Muhammad Zaim Afsokh, pemateri dalam bimtek tersebut menyampaikan sosialisasi perihal fatwa MUI No: 18 Tahun 2020 tentang ‘Pedoman Pengurusan Janazah (Tajhuz al-Janaiz) Muslim yang terinfeksi Covid-19’.

 

Selain itu, penyuluh Agama Islam Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sidoarjo tersebut juga memaparkan tentang ‘Surat Keputusan Mentreri Kesehatan RI No: 91.07/Menkes/4834/2021 tentang protokol Penatalaksanaan dan Pemulasaraan dan Pemakaman Jenazah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)’.

 

Wakil Ketua PCNU Sidoarjo, KH Zainal Abidin menyatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan 8 MWCNU untuk mengadakan kegiatan serupa.

 

“MWCNU yang sudah melaksanakan kegiatan ini antara lain Wonoayu, Jabon, Waru, Buduran, Candi, Tanggulangin, Sidoarjo Kota dan saat ini Tarik,” katanya.

 

Acara ini selain dihadiri jajaran pengurus Syuriah dan Tanfidziah MWCNU Tarik serta camat, tampak pula M Idhom anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo.

 

 

Kemudian Wakil Ketua PCNU Sidoarjo KH Zainal Abidin dan KH Abdul Kirom. Serta Sekertaris PCNU Sidoarjo H Suwarno HB dan Wakil Bendahara PCNU Sidoarjo H Subandi.

 

Penulis: Boy Ardiansyah

Editor: Romza


Editor:

Metropolis Terbaru