• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 27 November 2022

Metropolis

NU Sidoarjo Peduli Bergerak, Kumpulkan Donasi bagi Warga Terdampak Erupsi

NU Sidoarjo Peduli Bergerak, Kumpulkan Donasi bagi Warga Terdampak Erupsi
Bantuan dari Sidoarjo disampaikan langsung ke posko yang ada di Lumajang. (Foto: NOJ/Rachmad)
Bantuan dari Sidoarjo disampaikan langsung ke posko yang ada di Lumajang. (Foto: NOJ/Rachmad)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Erupsi Gunung Semeru di kawasan Lumajang menggerakkan relawan di Sidoarjo untuk mengumpulkan dan mendistribusikan bantuan berupa bahan pokok.

 

Gerakan ini diprakarsai Aat Choiruddin yang didukung penuh sejumlah lembaga dan badan otonom NU. Yakni Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU), Barisan Ansor Serbaguna Tanggap Bencana (Bagana) dan lembaga atau sekolah di bawah naungan Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU.

 

Yang dilakukan adalah dengan mengumpulkan donasi dengan menyapa sejumlah lembaga pendidikan.  "Sementara donasi yang masuk dari sekolah naungan LP Ma'arif NU adalah MI Al Ahmad dan Yayasan Babussalam Barengkrajan," kata Aat panggilan akrabnya, Sabtu (05/12/2020).

 

Disampaikan pula, relawan NU peduli berjumlah 7 orang yang diambil beberapa lembaga dari Desa Candi, Tarik, Sukodono dan Krian dengan dua mobil. Titik pemberangkatannya di gedung Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sidoarjo, yakni kawasan perumahan Airlangga.

 

"Tujuan gerakan ini adalah menjunjung tinggi nilai kemanusiaan yang kemudian menjadi niat bulat untuk saling membantu. Hal ini membuktikan bahwa NU hadir untuk umat," ungkapnya.

 

Disampaikan bahwa donasi yang telah terkumpul diberikan kepada warga terdampak Corona. Sejumlah barang dan dana disampaikan langsung di posko  penanganan bencana di kawasan Lumajang. Kemudian bantuan yang ada diharapkan dapat diterima warga yang kebanyakan ditampung di pengungsian.

 

"Alhamdulillah, donasi yang masuk sudah kita sampaikan hingga ke pos NU peduli yang berada di Lumajang," jelasnya.

 

NU Sidoarjo Peduli masih membuka donasi. Barang yang bisa diberikan berupa makanan ringan yang nantinya bisa dikirim ke Kantor Media Karya Krian yang lokasinya di timur Samsat Krian, atau bisa menghubungi Koordinator NU Sidoarjo Peduli.

 

Kontributor: Rachmad Salam

Editor: Syaifullah


Editor:

Metropolis Terbaru