• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Metropolis

NU Peduli Semeru

Peduli Korban Erupsi Semeru, NU Gresik Kirim Tim Medis dan Sembako

Peduli Korban Erupsi Semeru, NU Gresik Kirim Tim Medis dan Sembako
Relawan dan tim medis dari PCNU Gresik saat berada di Pos NU Peduli. (Foto: NOJ/ Aminuddin)
Relawan dan tim medis dari PCNU Gresik saat berada di Pos NU Peduli. (Foto: NOJ/ Aminuddin)

Gresik, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Gresik menunjukkan kepeduliannya terhadap korban erupsi Gunung Semeru. Hal ini diwujudkan dengan aksi galang donasi untuk dikirimkan kepada warga terdampak. Tidak hanya itu, PCNU Gresik juga mengirimkan tim medis, relawan, dan sembilan bahan pokok atau sembako, Rabu (08/12/2021).

 

Diketahui, relawan yang diterjunkan langsung ke lokasi untuk membantu operasi SAR dan pengelolaan Pos NU Peduli. Mereka nantinya akan bergabung dengan Tim NU Peduli dengan pos utama di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

 

"PCNU Gresik telah mengirimkan relawan SAR dan tim medis untuk membantu penanganan kesehatan korban bencana. Juga mengirimkan bantuan sembako dan peralatan lainnya,” ungkap Abdul Basit selaku koordinator lapangan.

 

Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Gresik itu mengungkapkan, bahwa dana yang terkumpul akan digunakan untuk pembangunan masjid dan mushala.

 

Menurutnya, untuk penggalangan dana dilakukan oleh semua elemen NU di Gresik. Yakni meliputi kepengurusan di Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU), lembaga dan seluruh badan otonom (banom) NU.

 

"Panggalangan dana tersebut dilakukan dilakukan atas sinergi dan semangat kebersamaan oleh semua elemen NU di Gresik,” ungkapnya.

 

Disebutkan oleh Basit, bahwa pemberangkatan tim dan pengiriman bantuan tersebut diberangkatkan dari Kantor PCNU Gresik pukul 11.30 WIB menuju Pos NU Peduli di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. 

 

“Dan sebelum pemberangkatan, para relawan terlebih dahulu melaporkan kehadiran dan kesiapan bergabung dalam operasi di lokasi nantinya,” pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Metropolis Terbaru