• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Metropolis

Pesantren Mahika Sidoarjo Juara Umum Festival Santri Jatim 2021

Pesantren Mahika Sidoarjo Juara Umum Festival Santri Jatim 2021
Pondok Pesantren Mahika Sidoarjo saat meraih juara umum dalam Festival Santri Jatim 2021. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
Pondok Pesantren Mahika Sidoarjo saat meraih juara umum dalam Festival Santri Jatim 2021. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pondok Pesantren Manba’ul Hikam (Mahika) Putat, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo berhasil meraih juara umum dalam ajang Festival Santri JATIM 2021. Kegiatan tersebut digelar Jam’iyyah Dirosah Qur’aniyyah Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Al-Qur’an (LPPQ) Al-Karim Jatim untuk memperingati Hari Santri 2021.

 

Koordinator ekstrakurikuler Pesantren Mahika, M Syafi'in Nu'man mengatakan, dalam festival ini dibagi menjadi dua babak, yakni babak penyisihan dan final. Adapun untuk babak penyisihan dilaksanakan secara online sejak awal Oktober lalu, sedangkan babak final secara offline yang diselenggarakan di Masjid Cheng Hoo Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Ahad (31/10).

 

“Sebelum mengikuti lomba, kami melakukan persiapan sekitar sepekan guna menyeleksi beberapa siswa dari kelas VII dan VIII untuk mencari yang terbaik. Sekaligus mencari siswa yang berbakat dalam bidang yang dilombakan,” katanya kepada NU Online Jatim, Senin (01/11).

 

Lebih lanjut, pengurus Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kepatihan, Kecamatan Tanggulangin ini menyebutkan, nama-nama santri Pesantren Mahika yang berhasil meraih juara dalam festival tersebut antara lain, Ainul Yaqin Shodiq (Juara I Pidato), Rahma Ayu Bunga SZ (Juara I MTQ), dan M Rifqi Maulani (Juara I Kaligrafi).

 

Selain itu, ada Moch Syarif Hidyatullah berhasil Juara Harapan II MHQ dan Siswa Madrasah Tsanawiyah (Mts) Mahika pilihan  yang meraih Juara I Paduan suara dan kreasi Nadhom.

 

"Selamat kepada seluruh santri yang telah turut berpartisipasi dalam perlombaan ini atas raihan juaranya, semoga semakin membumikan citra diri santri yang kreatif, inovatif, berakademisi, dan berakhlaqul karimah,” tegasnya.

 

Sementara Pengasuh Jam’iyyah Dirosah Qur’aniyyah LPPQ Al-Karim Jatim KH Muhammad Sholeh Qosim menuturkan, Festival ini rutin diadakan setiap tahun dengan tujuan untuk memberikan wadah berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif bagi santri TPQ, pesantren, dan putra-putri donatur kecil eLZIS Karim.

 

“Dengan mengedepankan sikap sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan. Semoga momentum HSN dengan diadakannya lomba ini nantinya dapat menumbuhkan generasi masa depan yang tangguh dan juga berwawasan Islami," tutur Wakil Ketua Lembaga Takmir Masjid (LTM) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tersebut.


Metropolis Terbaru