• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 27 September 2022

Metropolis

Sambut Ramadlan, RA Pakal Surabaya Ziarah Makam Para Wali

Sambut Ramadlan, RA Pakal Surabaya Ziarah Makam Para Wali
MDS-RA GP Ansor Pakal Surabaya ziarah ke makam waliyullah. (Foto: NOJ/HM)
MDS-RA GP Ansor Pakal Surabaya ziarah ke makam waliyullah. (Foto: NOJ/HM)

Surabaya, NU Online Jatim

Banyak hal dan berbagai cara dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadlan 1442 Hijriyah. Yang mentradisi di masyarakat Muslim Indonesia, terutama lingkungan Nahdlatul Ulama, ialah berziarah ke makam orang tua, sesepuh, waliyullah, para kiai atau ulama, dan lainnya.

 

Itu pula yang dilakukan pengurus dan anggota Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor (RA) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pakal, Surabaya. Mereka memulai rangkaian kegiatan Ramadlan dengan road show ziarah makam auliya di wilayah sekitar.

 

Ketua MDS RA PAC GP Ansor Pakal Surabaya Khoirudin menjelaskan, untuk melestarikan tradisi NU yang sudah sejak dulu dilakukan oleh para salafus shalih, pihaknya memulai rangkaian kegiatan Ramadlan dengan ziarah ke makam para auliya dan para ulama di sekitar Pakal.

 

“Oleh karena itu melalui kegiatan seperti ini masyarakat luas bisa mengenal bahwasannya ziarah kubur itu sangat dianjurkan,” kata Khoirudin kepada NU Online Jatim, Senin (12/04/2021).

 

Ia menambahkan, kegiatan road show ziarah makam di sekitar Pakal adalah pertama kali dilakukan oleh GP Ansor setempat.

 

“Harapannnya, kegiatan road show ziarah ini bisa terlaksana dari masa ke masa. Sebab hal ini selain syiar ke masyarakat, juga sangat banyak manfaatnya baik bagi yang hidup maupun yang sudah wafat,” ujar Khoirudin.

 

Sekertaris MDS RA PAC GP Ansor Pakal Masrur Aziz mengatakan, bersama pengurus yang lain pihaknya telah menyusun agenda, baik sebelum maupun pada waktu bulan suci Ramadlan. Semua rangkaian kegiatan akan diikuti oleh para pemuda setempat.

 

“Adapun kegiaran tersebut  di antaranya ziarah ke makam para wali di wilayah Pakal yang digelar sebelum Ramadlan, Ngaji safari Ramadlan serta tadarus Al-Qur’an yang digelar setiap malam Minggu, bagi-bagi takjil, serta santunan anak yatim, yang diambilkan dari setiap ranting,” katanya.

 

Editor: Nur Faishal


Metropolis Terbaru