• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 26 November 2022

Matraman

Sambut Ramadlan, Ansor Gajah Nyekar ke Pendiri Desa

Sambut Ramadlan, Ansor Gajah Nyekar ke Pendiri Desa
Aktivis GP Ansor Sambit dan Desa Gajah, Kabupaten Ponorogo, nyekar ke makam pendiri Desa Gajah, Senin (12/04/2021). (Foto: NOJ/W)
Aktivis GP Ansor Sambit dan Desa Gajah, Kabupaten Ponorogo, nyekar ke makam pendiri Desa Gajah, Senin (12/04/2021). (Foto: NOJ/W)

Ponorogo, NU Online Jatim

Menyambut bulan suci Ramadlan, keluarga besar Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda (GP) Ansor Desa Gajah, Kecamatan Sambit, Kabupaten  Ponorogo berziarah ke makam Eyang Joyo Karso, petilasan Eyang Joyo Kusumo, makam Kepala Desa pertama Mbah Mirmo Suto, dan Mbah Tengah, Senin (12/04/2021).

 

Kegiatan ziarah maqbaroh ini diikuti oleh Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Sambit, seluruh pengurus dan anggota Ansor, Pengurus NU Gajah, tokoh masyarakat dan perangkat desa setempat.

 

Ketua GP Ansor Gajah Wagiran mengatakan bahwa kegiatan ziarah seperti itu merupakan tradisi NU yang harus dilestarikan sejak dulu hingga sekarang. Apalagi ziarahnya dilakukan menjelang bulan Ramadlan, itu sangat dianjurkan.

 

“Kegiatan yang dilakukan baru pertama di Desa Gajah ini sementara hanya kepada para tokoh pendiri desa dan kepala Desa pertama. Ke depan akan kami agendakan ke para tokoh- tokoh yang lain,” kata Wagiran.

 

Ia mengatakan ziarah ke makam para pendiri desa sebagai bentuk hormat dan kecintaan GP Ansor dan warga setempat terhadap tanah kelahiran. Selain itu, juga untuk meneladani jasa-jasa para pendahulu di Desa Gajah.

 

Pengurus GP Ansor Sambit, Pujianto, menambahkan, maksud dan tujuan kegiatan ziarah maqbaroh yaitu dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadlan. Selain itu, yang lebih utama,  demi menjaga dan melestarikan tradisi-tradisi Islam ala NU, yaitu Islam Ahlussunnah Waljamaah.

 

"Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan oleh Pimpinan Ranting  GP Ansor Gajah. Mudah-mudahan kegiatan ziarah maqbaroh seperti ini bisa terus terlaksana dan menjadi agenda bulanan," ujar Pujianto.

 

Penulis: Wiyoso

 

Editor: Nur Faishal


Matraman Terbaru