• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 2 Oktober 2022

Metropolis

Tangis Haru Sekcam di Sidoarjo Kala Santunan Yatim LAZISNU dan LP Ma’arif NU

Tangis Haru Sekcam di Sidoarjo Kala Santunan Yatim LAZISNU dan LP Ma’arif NU
Yuni Rismawati (baju tunik putih motif hitam), Sekcam Taman Sidoarjo saat menghadiri santunan anak yatim NU Care-LAZISNU dan LP Ma'arif NU. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)
Yuni Rismawati (baju tunik putih motif hitam), Sekcam Taman Sidoarjo saat menghadiri santunan anak yatim NU Care-LAZISNU dan LP Ma'arif NU. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Taman, Sidoarjo Yuni Rismawati tidak kuasa menahan tangis kala memberi sambutan dalam acarasantunan anak yatim yang diadakan oleh NU Care-Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (LAZISNU) dan Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Taman, Sidoarjo, Sabtu (13/08/2022).


Pada acara peringatan Tahun Baru 1444 Hijriyah yang dipusatkan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif NU Sambiroto kecamatan setemoat itu, Yuni mengaku teringat pada masa kecilnya yang yatim sejak umur dua tahun.


“Ketika Bapak Camat berhalangan hadir dan mengutus saya untuk datang ke acara ini, tentu saya sangat bahagia. Kenapa demikian? Karena saya seperti mengenang masa kecil saya. Saya gemetar ini, saya juga yatim,” ujarnya.


Yuni menceritakan, dirinya sejak umurdua tahun ditinggal wafat oleh ayahnya. Oleh karena itu, dirinya merasa sangat paham hal-hal yang dirasakan anak yatim. Ia menyebutkan, di masa kecilnya juga pernah mendapat santunan serupa, seperti anak-anak yang hadir pada acara ini.


“Dan itu tentunya sangat membahagiakan bagi mereka. Bukan hanya materi yang membuat kita bahagia, tetapi lebih merasa diperhatikan dan dikelilingi oleh orang yang peduli kepada kita,” ucapnya dengan isak tangis.


Dirinya pun menuturkan, anak yatim adalah anak yang istimewa. “Anak yatim juga bisa sukses, serta bisa menjadi anak yang saleh-salehah sebagaimana anak-anak yang lainnya,” katanya.


Di sisi lain, Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Taman, H Moch Ali Imron mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia berharap, program tersebut menjadi kegiatan berkelanjutan guna menebar manfaat untuk umat.


"MWCNU Taman mengapresiasi kegiatan yang positif yang diinisiasi oleh LP Ma’arif  NU dan NU-Care LAZISNU Taman ini. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berkelanjutan,” ucapnya singkat.


Sementara Ketua NU Care-LAZISNU Taman, Masrur Qomaruddin melaporkan kegiatan ini diikuti oleh 57 anak yatim perwakilan MI se-Kecamatan Taman. Seluruh anak yatim mendapat bantuan berbentuk uang saku dan bingkisan.


“Anak-anak juga mendapat santunan secara spontan dari aghniya melalui kuis yang dibentuk dalam pertanyaan-pertanyaan,” tandasnya.


Metropolis Terbaru