• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Matraman

LAZISNU di Nganjuk Rutin Bagikan Sepeda Sekolah untuk Anak Yatim

LAZISNU di Nganjuk Rutin Bagikan Sepeda Sekolah untuk Anak Yatim
Penerima bantuan sepeda sekolah dari LAZISNU Rejoso (Foto: NOJ/ Haafidh Nur Siddiq Yusuf)
Penerima bantuan sepeda sekolah dari LAZISNU Rejoso (Foto: NOJ/ Haafidh Nur Siddiq Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim

Sejumlah anak yatim menerima bantuan sepeda sekolah dari NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah (LAZISNU) Rejoso, Nganjuk. Program bernama ‘Academic Bicycle for Yatim (ABYA) tersebut diserahkan pada Ahad (26/12/2021) sore di Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) setempat.

 

“Program ini dilaksanakan satu bulan sekali. Sementara penerima manfaat berasal dari seluruh ranting Nahdlatul Ulama (NU) di Kecamatan Rejoso dan akan terus bergulir,” ungkap Ketua NU Care-LAZISNU Rejoso Yayuk Winarti kepada NU Online Jatim.

 

Yayuk menuturkan, kriteria penerima bantuan sepeda diutamakan anak-anak yatim yang berasal dari keluarga kurang mampu. 

 

Sasarannya adalah anak-anak usia sekolah. Mengingat, sudah berlangusngnya Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Sehingga pihaknya menilai bantuan ini akan sangat bermanfaat. 

 

“Disamping itu kami ikut menyukseskan program Jatim Seger Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” ujarnya.

 

Dengan bersepeda, lanjutnya, anak otomatis akan bergerak aktif dan memberikan manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Tubuh aktif adalah salah satu syarat penting untuk menjaga kualitas kesehatan.

 

“Selain itu menggunakan sepeda dapat mengurangi polusi udara yang berada di Nganjuk," terang dosen Universitas Terbuka tersebut.

 

Dirinya berharap melalui program tersebut setidaknya bisa membantu sekaligus memberikan semangat untuk menuntut ilmu.

 

“Sepeda bagi adik-adik yatim ini semoga tidak hanya menjadi penghapus keprihatinan, melainkan juga dapat menjadi pendukung kegiatan mereka seperti bersekolah, mengaji, berziarah, dan bermain,” jelasnya.

 

Penerima manfaat sepeda sekolah, Risky Dwi Aditya, mengaku sangat senang dan bersyukur. Ia merasa terbantu dengan kehadiran NU Care-LAZISNU Rejoso.

 

“Saya sudah lama memimpikan punya sepeda seperti ini, eh tiba-tiba dapat sepeda. Terimakasih kepada LAZISNU Rejoso,” ucapnya.

 

Editor: Risma Savhira


Matraman Terbaru