• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Matraman

Kemenag Nganjuk Ajak Tumbuhkan Ekonomi dengan Zakat Produktif

Kemenag Nganjuk Ajak Tumbuhkan Ekonomi dengan Zakat Produktif
Kepala Kemenag Kabupaten Nganjuk, Moh Afif Fauzi. (Foto: NOJ: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)
Kepala Kemenag Kabupaten Nganjuk, Moh Afif Fauzi. (Foto: NOJ: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Nganjuk, Moh Afif Fauzi mengajak semua elemen yang menangani zakat untuk melakukan pendayagunaan zakat oleh badan atau lembaga zakat. Hal itu agar lebih berorientasi kepada usaha-usaha produktif, tanpa mengabaikan pemanfaatan zakat secara langsung.


Menurutnya, pengelolaan zakat produktif yang baik dan benar sesuai syariat hukum Islam serta pendistribusian yang maksimal, akan berdampak besar terhadap perekonomian mustahik.


“Zakat yang diberikan kepada mustahik dapat memberikan peran bagi pertumbuhan ekonomi mustahik jika digunakan untuk aktivitas produksi,” terangnya saat sambutan dalam Webinar ‘Peran Zakat Sebagai Solusi Ekonomi Umat’, Kamis (23/12/2021).


Menurut Afif, kedudukan zakat secara umum memiliki dua dimensi, yakni dimensi vertikal dan horizontal. Maknanya, seseorang menunaikan zakat karena perintah Allah dan melalui zakat pula solidaritas umat akan terwujud.


“Zakat profuktif biasanya dilakukan dengan cara memberikan bantuan kepada mustahik berupa modal bagi pengusaha yang lemah, pembinaan, pendidikan gratis dan lain-lain,” ujar pria yang aktif di Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Nganjuk tersebut.


Dengan demikian, diharapkan mustahik tidak hanya memahami kemampuan dan teknik dalam berwirausaha, namun mereka juga diberikan pemahaman dalam memecahkan berbagai persoalan yang akan mereka alami di dalamnya.


“Sehingga hal tersebut dapat mengurangi terjadinya kebangkrutan dan kerugian terhadap usaha yang dijalankan mustahik,” tuturnya.


Alumnus Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri tersebut menuturkan, kontribusi zakat produktif sangat penting dalam masyarakat. Dengan berkembangnya usaha kecil menengah diharapkan dapat menyerap banyak tenaga kerja.
 


“Banyaknya tenaga kerja yang terserap akan mengurangi tingkat pengangguran. Sehingga akan berdampak pada daya beli masyarakat yang nantinya akan diikuti oleh pertumbuhan ekonomi di suatu daerah,” pungkasnya.


Matraman Terbaru