• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Januari 2023

Matraman

Wakil Rais NU Nganjuk Jelaskan Keutamaan Membaca Ayat Kursi

Wakil Rais NU Nganjuk Jelaskan Keutamaan Membaca Ayat Kursi
Wakil Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Nganjuk, KH Kharisuddin Aqib menjelaskan keutamaan membaca Ayat Kursi (Foto: NOJ/ Haafidh Nur Siddiq Yusuf)
Wakil Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Nganjuk, KH Kharisuddin Aqib menjelaskan keutamaan membaca Ayat Kursi (Foto: NOJ/ Haafidh Nur Siddiq Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim

Wakil Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Nganjuk, KH Kharisuddin Aqib menjelaskan salah satu dzikir penting setelah shalat adalah membaca ayat kursi. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang menyebut pahala surga bagi orang yang membacanya setelah shalat.

 

"Manfaat ini bisa kita rasakan ketika membaca ayat kursi setelah shalat atau saat pagi dan petang," tururnya saat Ngaji Selapanan di Pondok Pesantren Daru Ulil Albab, Ahad (12/12/2021).

 

Diketahui, ayat kursi merupakan salah satu bacaan yang diyakini memiliki derajat yang tinggi. Saat diturunkannya, beribu-ribu malaikat mengiringinya karena kemuliaan serta kebesaran firman Allah SWT.

 

"Ketika ayat kursi diturunkan, seluruh berhala yang ada di bumi berjatuhan, mahkota-mahkota para pembesar juga saling berjatuhan, para penguasa menjatuhkan wajah-wajah mereka ke bumi, para setan berlarian, dan para malaikat bersujud mengiringinya," terang alumnus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut.

 

Kiai Haris menuturkan, dalam setiap ayat-ayat pada bacaan ayat kursi  juga mengandung banyak sekali arti dan makna tentang keutamaannya dan manfaatnya. Dengan membaca ayat ini maka akan mempengaruhi jiwa dan keimanan hidup kita.

 

“Rasululullah SAW bersabda bahwa dengan membaca ayat kursi sebelum tidur maka kita akan dijaga dan dilindingi dari gangguan syaitan selama kita tidur,” imbuhnya.

 

Selain itu, lanjut Kiai Haris, apabila seseorang membaca ayat kursi sebelum bepergian, maka dalam perjalanannya akan mendapat perlindungan dari Allah SWT. Orang tersebut  akan terbebas dari musibah dan bencana selama perjalanannya hingga sampai tujuan dengan selamat.

 

 

“Dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa Allah SWT mencintai umat-Nya yang selalu membaca ayat kursi di dalam kegiatan sehari-harinya. Semoga kita semua tergolong orang-orang yang dicintai oleh Allah,” pungkasnya.

 

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru