• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 26 Mei 2022

Matraman

NU Peduli Semeru

PMII Nganjuk Galang Dana Bantu Korban Erupsi Semeru

PMII Nganjuk Galang Dana Bantu Korban Erupsi Semeru
Kader PMII Nganjuk galang dana untuk korban erupsi Gunung Semeru. (Foto: Haafidh NS Yusuf)
Kader PMII Nganjuk galang dana untuk korban erupsi Gunung Semeru. (Foto: Haafidh NS Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Nganjuk menggelar aksi galang dana untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Aksi sosial ini berlangsung di tiga tempat, yaitu terminal lama, Pasar Sukomoro, dan simpang empat Kertosono.

 

“Kegiatan ini dikuti oleh perwakilan Pengurus Komisariat (PK) PMII Al-Faraby, PK PMII Pangeran Diponegoro, PK PMII Jaya Stamba, Pengurus Rayon (PR) PMII Dr Soetomo, PR PMII Boemi Angin, PR PMII Marsinah, PR PMII Kanjeng Jimat, dan PR PMII Ghozali,” ujar Ketua Pengurus Cabang (PC) PMII Nganjuk, Sri Rahayu Agustina kepada NU Online Jatim, Senin (13/12/2021).

 

Tina mengatakan, kegiatan tersebut adalah bentuk solidaritas untuk korban erupsi Gunung Semeru dan untuk memupuk rasa solidaritas serta rasa kekeluargaan.

 

“Niat kami mengamalkan ilmu yang sudah didapat, salah satunya Nilai Dasar Pergerakan (NDP) yang mengajarkan hablu minannas dan hablu minal ‘alam. Maknanya setap warga pergerakan harus juga ikut serta dalam merawat bumi dan alam sekitar yang telah dianugerahkan untuk kita,” ungkap Tina.

 

Menurutnya, letusan Gunung Semeru, pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, serta sejumlah bencana akhir-akhir ini hendaknya menyadarkan manusia untuk lebih bersahabat dengan alam. 

 

Dirinya pun berharap, ribuan warga korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang diberi kekuatan dan segera bangkit untuk melanjutkan kehidupan.

 

“Alhamdulillah, kami mendapatkan dana sebesar Rp7.650.600 ditambah 18 kardus makanan instan, snack, dan kebutuhan pokok lainnya,” pungkasnya.

 

Diketahui, hasil penggalangan donasi tersebut rencananya akan dikirim ke Lumajang melalui NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Nganjuk.

 

Editor: A Habiburrahman


Matraman Terbaru