• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Pantura

Corps Brigade Pembangunan dan Korp Pelajar Putri Lamongan Gelar Apel Pasukan

Corps Brigade Pembangunan dan  Korp Pelajar Putri Lamongan Gelar Apel Pasukan
Pelaksanaan apel DKC CBP KPP Lamongan. (Foto: NOJ/Titik)
Pelaksanaan apel DKC CBP KPP Lamongan. (Foto: NOJ/Titik)

Lamongan, NU Online Jatim

Dalam memperingati Hari Santri 2020 dan Hari Lahir Corps Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP), Dewan Koordinasi Cabang (DKC) Lamongan menyelenggarakan Apel dan Sarasehan yang diikuti oleh 200 kader CBP KPP dari perwakilan Pimpinan Anak Cabang se-Lamongan di halaman SMK NU Lamongan pada Rabu 28/10/2020.

 

Apel peringatan Hari Lahir CBP KPP yang ke-56 ini mengingatkan sejarah mengapa barisan ini penting bagi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU). Kader yang tangguh ini berkumpul untuk menghormati barisan terdahulu.

 

“CBP dan KPP merupakan pasukan inti IPNU dan IPPNU. Oleh karena itu, harus siap menegakkan jati diri organisasi IPNU dan IPPNU,” ujar Komandan Maya DKC KPP Lamongan.

 

Perwakilan Dewan Koordinasi Wilayah (DKW) CBP Jawa Timur mengungkapkan, para kader harus mengetahui sejarah terbentuknya CBP. Karena hal tersebut sangat penting untuk meningkatkan semangat perjuangan.

 

"Kita sebagai kader IPNU IPPNU juga harus mengetahui barisan/pasukan untuk membentengi pelajar NU. CBP di dirikan saat peristiwa Ganyang Malaysia pada tanggal 28 Oktober 1963, untuk menguatkan dan memperluas barisan pelajar dalam semangat perjuangan tinggi. CBP kemudian di sepakati pada KONBES tahun 1964 dan juga CBP Wati untuk pelajar putri saat itu, sekarang KPP,” terang komandan M. Amru Khoirus Soni saat memjadi pembina apel kegiatan tersebut.

 

Acara apel dilanjutkan dengan sarasehan Alumni Komandan CBP KPP Lamongan yang turut hadir beberapa alumni, mengingat sejarah awal adanya CBP KPP di Lamongan dan menceritakan pesan dan kesan para Komandan di sampaikan secara bergantian. Dan komandan Maghfur mewakili alumni menyampaikan pesan kepada seluruh kader yang hadir.

 

“Cukup melakukan apa yang jadi tanggungjawab mu di IPNU IPPNU dan bergerak dengan bekal pengkaderan di CBP KPP dengan Pendidikan dan Pelatihan Pertama (DIKLATAMA). Mulailah bergerak dari diri sendiri, tidak memperhitungkan imbalan nantinya,” jelasnya.

 

Menurut Zuhri, sebagai kader CBP KPP harus memiliki keunggulan dalam mengemban lembaga semi otonom IPNU IPPNU ini. Oleh karena itu kader harus mampu melakukan 4 hal utama yang menjadi kewajibannya.

 

 

“Pertama, CBP KPP bisa memimpin, dengan memimpin barisan/pasukan untuk mendukung dan mengamankan kegiatan. Kedua, CBP KPP mampu berfikir cepat dan tepat, bagaimana kader melakukan apa yang semestinya di lakukan dan tidak ceroboh. Ketiga, CBP KPP mampu Bekerja dalam kondisi apapun, entah sebagai pengaman jalan, parkir, menata properti kegiatan, dan lain-lain. Keempat, CBP KPP mampu sebagai penggembira, dengan tepukan dan semangat mencairkan kegiatan untuk tertawa bersama,” tegasnya.


Pantura Terbaru