• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 8 Agustus 2022

Matraman

Peringati Sumpah Pemuda, Pelajar NU Ponorogo Ziarah Muassis dan Apel Kebangsaan

Peringati Sumpah Pemuda, Pelajar NU Ponorogo Ziarah Muassis dan Apel Kebangsaan
Apel Kebangsaan setelah ziarah ke muassis NU yang diadakan IPNU-IPPNU Ponorogo, Rabu (28/10/2020). (Foto: NOJ/ Erwin Suganda).
Apel Kebangsaan setelah ziarah ke muassis NU yang diadakan IPNU-IPPNU Ponorogo, Rabu (28/10/2020). (Foto: NOJ/ Erwin Suganda).

Ponorogo, NU Online Jatim

Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Ponorogo mengadakan serangkaian kegiatan guna memperingati Hari Sumpah Pemuda, Rabu (28/10/2020). Adapun kegiatannya yakni keliling kota ziarah ke makam para muassis Nahdlatul Ulama (NU) serta ditutup dengan apel kebangsaan di Taman Makam Pahlawan (TMP) kota setempat.

 

“Kegiatan apel kebangsaan tadi dimulai dengan ziarah muassis NU Ponorogo, dan juga ke makam pahlawan," kata Anton Syamsuri, Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Kabupaten Ponorogo.

 

Ia mengungkapkan, rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan guna meneguhkan kembali jiwa nasionalis pelajar NU yang ada di Kabupaten Ponorogo. Baginya, fakta sejarah adanya resolusi jihad, sumpah pemuda, dan lahirnya Corp Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) merupakan bentuk konkrit adanya semangat nasionalisme di kalangan pemuda dan pelajar.

 

"Apel kebangsaan ini merupakan bentuk ikhtiar kita dalam membangkitkan kembali spirit nasionalisme pelajar. Maka dari itu, beberapa tempat yang kita datangi untuk ziarah termasuk lokasi terkhir, ini bentuk nyata yang harus kita pertahankan bahwa ada para pejuang yang harus kita ingat jasanya," jelas Anton

 

Ia berharap, kegiatan tersebut dapat membentuk katakter pelajar NU Kabupaten Ponorogo yang cinta tanah air dengan semangat kebangsaannya. Selain itu, kegiatan tersebut diharapkan menjadi pemantik para pelajar agar kembali menguatkan semangat belajar.

 

"Semoga melalui kegiatan ini para pelajar semakin gemar mempelajari peranan para pendahulu dalam memperjuangkan NU dan bangsa, serta itba' beliau yang cinta akan keilmuan. Menguatkan karakter Ahlussunnah wal Jamaah, serta menjadi pemantik pelajar agar kembali bangkit ditengah cobaan Pandemi Covid 19. Supaya tetap produktif dalam aktifitasnya secara pribadi maupun organisasi," tandas Anton.

 

 


 

Arahan Ketua PCNU Ponorogo

KH Fatchul Aziz, Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kabupaten Ponorogo saat menjadi inspektur apel kebangsaan tersebut menyampaikan apresiasi atas inisiatif kegiatan yang sudah dilaksanakan.

 

Selain itu, Kiai Fatchul Aziz juga berpandangan bahwa kemasan kegiatan yang dilaksanakan cukup kreatif. Serta memberikan edukasi dengan mengingat jasa para pahlawan dan tuntunan Nabi Muhammad SAW.


"Didalam kegiatan ini kan ada beberapa peringatan. Ada peringatan hari santri, sumpah pemuda, Hari Lahir (Harlah) CBP dan KPP. Bahkan tadi memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Semoga kegiatan yang dilaksanakan secara bersama-sama ini menjadi wasilah turunnya keberkahan kepada kader-kader IPNU dan IPPNU," ungkap Kiai Aziz.


Ia juga berpesan supaya kader IPNU-IPPNU bisa menjadi penerus khidmat di NU untuk masa yang akan datang. Selain itu, pelajar NU harus memahami Ahlussunnah wal Jamaah dengan benar. "Jika diringkas, kader NU masa depan bisa menjadi kader yang kuat perkasa namun humanis, dan selalu mengajak kedalam kebenaran," ungkapnya.

 

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru