• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Madura

Pelajar NU di Bangkalan Laksanakan Program Educare

Pelajar NU di Bangkalan Laksanakan Program Educare
Salah satu anggota IPPNU Ranting Planggiran Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan saat melaksanakan bimbingan belajar kepada para pelajar. (Foto: NOJ/ Habib).
Salah satu anggota IPPNU Ranting Planggiran Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan saat melaksanakan bimbingan belajar kepada para pelajar. (Foto: NOJ/ Habib).

Bangkalan, NU Online Jatim

Dampak wabah Covid-19 yang tak kunjung usai ini benar-benar telah membuat banyak kalangan terkena imbasnya, termasuk pelajar. Sehingga untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 banyak Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) di daerah yang membuat kebijakan untuk belajar dari rumah.

 

Merespon baik terhadap kebijakan pemerintah tersebut, Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Desa Planggiran Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan mengadakan kegiatan Educare di masa adaptasi kebiasaan baru.

 

Kegiatan ini dimaksudkan untuk melakukan pendampingan atau bimbingan belajar kepada para siswa setingkat Sekolah Dasar di daerah setempat. Gerakan IPNU-IPPNU Educare di tingkatan desa ini dikoordinatori oleh Muyesaroh, dan untuk kali ini dipusatkan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ar- Raudlah desa setempat, Sabtu (24/10/2020).

 

Muyesaroh menyebutkan, bahwa perlu adanya gerakan kolektif untuk mengatasi problematika pembelajaran ditengah pandemi. Agar proses kegiatan belajarnya tidak terbengkalai. "Diperlukan adanya gotong royong dan saling bahu membahu antar semua pihak untuk pelajar yang terdampak Covid-19 ini," jelas mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya ini.

 


 

Sementara itu, Rohasib menuturkan, program ini pada dasarnya merupakan gerakan relawan belajar yang dicanangkan oleh Pimpinan Wilayah (PW) IPNU-IPPNU Jawa timur serta sudah dilaksanakan oleh setiap tingkatan.

 

"Kami pun berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan serupa agar pembelajaran tetap efektif walaupun di masa new-normal," ungkap Ketua IPNU Planggiran ini.

 

Rohasib mengajak keterlibatan semua stakeholders terkait demi suksesnya kagiatan ini. "Kami berharap, semua pihak terlibat dan pro-aktif demi lancarnya program ini," pungkasnya.

 

Editor: Romza


Editor:

Madura Terbaru