• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 1 Juli 2022

Pantura

Kiai Marzuki Ingin Gedung Menara 17 Jadi NU Center Dunia

Kiai Marzuki Ingin Gedung Menara 17 Jadi NU Center Dunia
Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar. (Foto: NOJ/ Mohammad Rifqi)
Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar. (Foto: NOJ/ Mohammad Rifqi)

Tuban, NU Online Jatim

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim KH Marzuki Mustamar menyampaikan harapannya agar gedung Menara 17 milik PWNU Jatim menjadi NU Center Dunia. Hal itu ia sampaikan saat sambutan pada Rapat Pleno dan Musyawarah Alim Ulama PWNU Jatim di Pondok Pesantren Sunan Bejagung, Tuban, Rabu (30/03/2022).


“Menuju satu abad NU, kita ingin membuat proyek yang benar-benar fenomenal dan monumental, yakni Menara 17 NU Center. Syukur-syukur tidak hanya jadi NU Center Jatim, tetapi NU Center se-dunia,” ujarnya.


Kiai Marzuki bersyukur, pembagunan proyek yang diperkirakan selasai antara empat sampai lima tahun tersebut mendapat dukungan dari berbagai pihak. Disebutkan, nantinya akan dibentuk manajemen sendiri untuk pengelolaan gedung tersebut.


“Kita di PWNU Jatim juga berikhtiar agar memiliki lahan 2,5 hektare. Harapan kita, setelah surat-suratnya selesai akan dibangun Masjid Raya NU milik PWNU Jatim,” terang Dosen Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim tersebut.


Selanjutnya, Kiai Marzuki melaporkan, bahwa PWNU Jatim telah bekerja sama dengan beberapa kampus besar untuk memberikan beasiswa kepada santri-santri berprestasi yang kurang mampu seperti.


Pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek, Malang itu menyebutkan, di antara kampus-kampus tersebut meliputi, ITS, Unessa, UPN, Universitas Brawijaya, Unisma, Unusa, Unusida, dan beberapa kampus lainnya.


“Kampus-kampus yang saya sebut di atas kita minta untuk memberikan kuota beasiswa santri berprestasi melalui PWNU Jatim. Yang diberi beasiswa yang hafal Al-Qur’an atau lolos seleksi baca kitab kuning. Bisa juga prestasi lain di tingkat kabupaten,” terangnya.


Hadir dalam acara yang mengangkat tema Konsolidasi Organisasi Menyongsong Satu Abad Nahdlatul Ulama di antaranya dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Fahrurrozi dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim KH Moh Hasan Mutawakkil 'Alallah.


Selain itu, ada pula Wakil Ketua DPRD Jatim Hj Anik Maslachah, Bupati Tuban Halindra Faridzky dan Wakil Bupati H Riyadi, serta pengurus lembaga dan banom NU di lingkungan PWNU Jatim.


Pantura Terbaru