• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Pantura

LP Ma'arif NU Jatim Lakukan Penguatan Karakter Pancasila

LP Ma'arif NU Jatim Lakukan Penguatan Karakter Pancasila
Pelaksanaan Join Monitoring dan Evaluasi (JME) untuk penguatan karakter Pancasila oleh LP Ma'arif NU Jatim bersama sejumlah instansi lain. (Foto: maarifnujatim.or.id)
Pelaksanaan Join Monitoring dan Evaluasi (JME) untuk penguatan karakter Pancasila oleh LP Ma'arif NU Jatim bersama sejumlah instansi lain. (Foto: maarifnujatim.or.id)

Lamongan, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Jawa Timur melaksanakan Join Monitoring dan Evaluasi (JME) bersama dalam penguatan pendidikan karakter Pancasila. Acara digelar di MI NU Mambaul Ma’arif Banjarwati Paciran Lamongan dan aula Pengurus Cabang (PC) LP Ma’arif NU Sidoarjo, Jumat (24/09/2021).

 

Pelaksanaan JME tersebut merupakan kerja sama empat institusi yang bergerak di bidang pendidikan. Selain LP Ma’arif NU, tergabung pula Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Kementerian Agama, dan Inovasi Jatim.

 

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lamongan, H Masduqi Yasin menyampaikan, bahwa penguatan karakter Pancasila bagi pelajar sangatlah penting. Hal tersebut untuk menggali potensi pelajar agar berkarakter.

 

“Penguatan karakter tersebut penting dilakukan demi mencetak pelajar yang berkarakter,” ungkapnya dilansir maarifnujatim.or.id.

 

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Unair Surabaya, Purnawan Basundoro mengatakan, bahwa program tersebut sudah berjalan sejak Juni 2021 lalu. Tujuannya agar madrasah mampu mengembangkan profil karakter pancasila dalam keseharian di madrasah.

 

“Penguatan karakter pancasila dilakukan agar madrasah dapat mengembangkannya dalam kegiatan sehari-hari di madrasah,” terangnya.

 

Menurut Purnawan, kegiatan JME dilakukan untuk melihat dari dekat perubahan yang dilakukan Madrasah pasca intervensi program dalam membentuk profil pelajar berkarakter pancasila.

 

“Serta sebagai proses pengecekan dokumen standar operasional penjaminan mutu karakter,” pungkasnya.

 

Diketahui, kegiatan tersebut bertajuk ‘Penguatan Katakter dan Keterampilan Abad XXI sebagai Penerapan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembentukan Simpul-Simpul Perubahan pada Madrasah Ibtidaiyah’.

 

Hadir pula dalam kegiatan JME di Lamongan, yaitu PW LP Maarif NU Jatim Sunan Fanani, dan Jufri dari Inovasi Jatim. Serta diikuti pula tujuh Madrasah Ibtidaiyah (MI) sasaran.


Pantura Terbaru