• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 27 September 2022

Pendidikan

Bakti untuk Desa, KSM-Tematik Unisma Lakukan Sejumlah Kegiatan di Tulungagung

Bakti untuk Desa, KSM-Tematik Unisma Lakukan Sejumlah Kegiatan di Tulungagung
Seorang peserta KSM-Tematik Unisma saat bersih-bersih di Agrowisata Edukasi Sayur Winong, Tulungagung. (Foto: NOJ/Humas).
Seorang peserta KSM-Tematik Unisma saat bersih-bersih di Agrowisata Edukasi Sayur Winong, Tulungagung. (Foto: NOJ/Humas).

Malang, NU Online Jatim

Sekumpulan Mahasiswa Universitas Islam Malang (Unisma) yang tergabung dalam Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) melakukan serangkaian kegiatan bersama masyarakat Desa Winong Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung, Ahad (08/08/2021).

 

Kegiatan diawali dengan senam pagi dengan tujuan agar imun dan tubuh tetap terjaga dengan baik. Mengingat, saat kondisi pandemi dua hal tersebut sangat penting untuk dijaga. Kegiatan yang diikuti KSM Unisma kelompok 42, 87, 94, 99, 104, 118, dan 119 tersebut dilaksanakan sekitar 15 sampai 20 menit.

 

Pasca senam pagi, ia kemudian membersihkan salah satu destinasi wisata yang menjadi ikon Desa Winong, yaitu Agrowisata Edukasi Sayur Winong Asri secara bergotong royong.

 

Disebutkan, bahwa Agrowisata Edukasi Sayur Winong Asri merupakan salah satu ikon Desa Winong. Namun, karena pandemi Covid-19 dan peraturan pemerintah mengenai pembatasan mobilitas membuat wisata edukasi ini terpaksa ditutup dan terlihat kurang terawat.

 

“Oleh karenanya, kami berinisiatif membersihkan agrowisata ini agar terlihat asri, sekaligus untuk menjalin silaturahim dengan masyarakat sekitar. Kegiatan ini merupakan kontribusi nyata kami untuk membangun Desa Winong menjadi lebih baik dan maju,” ujar salah seorang peserta KSM Unisma yang tidak ingin disebutkan namanya.

 

Seusai itu, dilanjutkan dengan penanam bibit dan penataan kembali tata letak sayur-sayuran yang kurang layak. Hal ini bertujuan agar nanti para wisatawan yang datang merasa senang dengan tampilan dan pemandangan di Agrowisata Edukasi Sayur Winong Asri.

 

Dikatakan, bahwa penanaman bibit dilakukan menggunakan media rockwool dan tanah. Penggunaan rockwool sebagai media tanam dikarenakan mudah didapat dan tidak membutuhkan lahan yang luas.

 

“Sehingga sangat cocok dan sesuai dengan kondisi lahan yang tersedia di Agrowisata Edukasi Sayur Winong Asri,” imbuhnya.

 

Adapun KSM Unisma yang melakukan kegiatan tersebut terdiri dari kelompok 42 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Manajemen, kelompok 87 Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Program Studi Biologi, kelompok 94 Fakultas Pertanian Program Studi Agribisnis,

 

Selain itu, ada pula kelompok 99 Fakultas Pertanian Program Studi Agroteknologi, kelompok 104 Fakultas Peternakan Program Studi Peternakan, serta kelompok 118 dan 119 Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil.


Pendidikan Terbaru