• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 31 Januari 2023

Pendidikan

Dokter RSI Unisma Beberkan Asupan untuk Jaga Kesehatan Kulit

Dokter RSI Unisma Beberkan Asupan untuk Jaga Kesehatan Kulit
Struktur kulit. (Foto: NOJ/femina)
Struktur kulit. (Foto: NOJ/femina)

Malang, NU Online Jatim

Kulit merupakan salah satu bagian panca indra pada tubuh manusia. Fungsi utama kulit adalah sebagai indra peraba dan pertahanan pertama tubuh dari benda-benda asing. Tentu saja kulit memiliki efek yang fundamental bagi tubuh karena secara tidak langsung menunjang aktivitas sehari-hari manusia. Oleh karena itu, menjaga kesehatan kulit merupakan suatu keharusan.

 

Kendati demikian, masih banyak yang belum menyadari tentang pentingnya menjaga kulit sejak dini. Tidak sedikit pula orang yang mengalami tanda-tanda kulit tidak sehat. Padahal ada banyak asupan nutrisi yang harus dipenuhi untuk kulit.

 

dr Sasi Purwanti, Dokter Kulit dan Kelamin RSI Unisma mengatakan kulit adalah organ terluas dan kompleks.

 

“Kulit merupakan organ terluas, dikatakan terluas kalau kulit kita dilepas luasnya sekitar 2 meter persegi. Terlihat sepele dan sederhana arena hanya organ penutup saja, tapi fungsinya sangat kompleks,” katanya, Senin (10/05/2021).

 

Untuk menjaga fungsi tersebut peranan nutrisi sangat penting untuk dijaga. Asupan nutrisi yang menjaga kesehatan kulit diantaranya air, protein, vitamin dan mineral. Dokter Sasi menuturkan bahwa yang asupan yang terpenting adalah air agar kulit terjaga kelembabannya sehingga tidak kering.

 

“Yang paling penting adalah asupan air karena komponen terbesar kulit adalah air. Manfaat air adalah menjaga agar kulit tidak kekurangan air sehingga tidak kering dan fungsi-fungsinya juga dapat berjalan,” imbuhnya.

 

Kedua adalah protein. Kekenyalan kulit tergantung dari seberapa banyak asupan protein yang masuk karena komponen kulit terdiri dari lemak dan protein.

 

“Komponen kulit terdiri dari lemak dan protein, jadi asupan protein yang cukup juga membantu kekenyalan kulit,” jelasnya.

 

Ketiga vitamin, dokter Sasi juga menekankan bahwa asupan vitamin perlu diperhatikan. Vitamin yang berperan antara lain vitamin C dan E.

“Vitamin yang berperan antara lain vitamin C dan vitamin E tapi perlu ditekankan jangan sampai berlebihan,” ujarnya.

 

Asupan vitamin tersebut dapat didapat dari makanan, buah-buahan, biji-bijian dan sayur-sayuran.

“Asupan vitamin-vitamin itu didapat dari luar tubuh, pastinya dari makanan, buah dan sayur-sayuran. Ikan yang banyak mengandung vitamin E, dan buah-buahan,” pungkasnya.

 

Untuk memelihara kesehatan kulit, nutrisi merupakan salah satu dari banyak faktor yang diperlukan. RSI Unisma memiliki dokter-dokter spesialis yang berkompeten dibidangnya. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi WA/ SMS 081 1314 8899.


Pendidikan Terbaru